Chemedu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia
Vol 3, No 2 (2022)

Perbedaan Hasil Belajar Peserta Didik yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD Pada Kelas X SMAN 1 Sinjai Selatan (Studi Pada Materi Pokok Ikatan Kimia)

Nur Faizah (Universitas Negeri Makassar)
Iwan Dini (Universitas Negeri Makassar)
Muhaedah Rasyid (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2022

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil belajar antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan peserta didik yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Desain penelitian adalah “Posttest-Only Design”. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X SMA Negeri 1 Sinjai Selatan yang terdiri dari 10 kelas dengan jumlah peserta didik 350 orang, sedangkan sampel penelitian adalah kelas X7 sebagai kelas eksperimen Jigsaw dan kelas X9 sebagai kelas eksperimen STAD. Jumlah peserta didik masing-masing kelas adalah 35 orang. Pengambilan data hasil belajar dilakukan dengan pemberian posttest. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil analisis menunjukkan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik kelas eksperimen Jigsaw pada posttest yaitu 77,6 dan kelas eksperimen STAD yaitu 71,2. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji-t diperoleh nilai thitung = 2,75 dan pada taraf signifikan α = 0,05 dengan dk = 68 diperoleh ttabel = 1,99. Oleh karena itu, thitung > ttabel, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Hal tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan pembelajaran kooperatif tipe STAD, dimana hasil belajar peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih tinggi dibandingkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD kelas X SMA Negeri 1 Sinjai Selatan pada materi pokok ikatan kimia. ABSTRACT This research was quasi experiment research which aimed to know that there was the difference of learning achievement between students who was taught by using cooperative learning type Jigsaw and students who was taught by using cooperative learning type STAD. Research design is “Posttest-Only Design”. Independent variable in this research was cooperative learning type Jigsaw and cooperative learning type STAD while dependent variable was learning achievement. Population in this research was all classes X Senior High School 1 south Sinjai that consisted of 10 classes with the number of students was 350 students, whereas research sample was class X7 as experiment class Jigsaw and class X9 as experiment class STAD. The number of students each class was 35 students. The collection of learning achievement data was done by giving posttest. Learning achievement that obtained was analyzed by using descriptive statistics and inferential statistics. Analysis results show that the learning achievement average of students in experiment class 1 on posttest is 77.6 and experiment class 2 is 71.2. The result of hypotheses testing that used t-test obtaining value of tcalculated = 2.75 and at significant level α = 0.05 with dk = 68 obtaining value of ttable = 1.99. Therefore, tcalculated > ttable, so that H1 is accepted and H0 is rejected. It shows that there is the difference of learning achievement than learn by cooperative learning model type Jigsaw and cooperative learning model type STAD. whereas student learning achievement that learn by Cooperative learning model type Jigsaw is higher than cooperative learning model type STAD grade X Senior High School 1 Sinjai Selatan on subject matter of chemical bonding.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ChemEdu

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Chemedu merupakan wadah untuk bertukar informasi ilmiah mengenai ilmu pendidikan kimia yang meliputi perkembangan teori, media dan metode pembelajaran dari hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis dan kajian ...