Chemedu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia
Vol 4, No 2 (2023)

PENGARUH MEDIA VIDEO ANIMASI PADA MODEL DISCOVERY LEARNING MENGGUNAKAN APLIKASI ZOOM MEETING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI MIA SMAN 1 SOPPENG (Studi pada Materi Pokok Sistem Koloid)

Mutmainnah Mutmainnah (Universitas Negeri Makassar)
Muharram Muharram (Unknown)
Ramdani Ramdani (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Sep 2023

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh media video animasi pada model Discovery Learning menggunakan aplikasi zoom meeting terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Soppeng pada materi pokok sistem koloid. Desain penelitian ini adalah Posttest-Only Control Design. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen tes hasil belajar dan lembar observasi keterlaksanaan proses pembelajaran. Pengolahan data pada penelitian ini dilakukan dengan uji validitas dan menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik infrensial. Hasil uji validitas diperoleh sembilan soal dengan kriteria cukup dan 11 soal dengan validitas tinggi. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan nilai rata-rata posttest peserta didik kelompok eksperimen yaitu 84,7 dan nilai rata-rata posttest peserta didik kelompok kontrol yaitu 52,5. Presentase ketuntasan untuk kelompok eksperimen adalah 97,36% dan kelompok kontrol 89,47%. Uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney, diperoleh asymp. Sig. < α (0,000 < 0,05) sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh signifikan media video animasi pada model Discovery Learning menggunakan aplikasi zoom meeting terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI MIA SMAN 1 Soppeng studi pada materi pokok sistem koloid.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ChemEdu

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Chemedu merupakan wadah untuk bertukar informasi ilmiah mengenai ilmu pendidikan kimia yang meliputi perkembangan teori, media dan metode pembelajaran dari hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis dan kajian ...