Chemedu: Jurnal Ilmiah Pendidikan Kimia
Vol 3, No 2 (2022)

Pengaruh Penggunaan Mind Mapping dalam Model Pembelajaran Inkuri Terbimbing (Guided Inquiry) secara Daring terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negei 21 Bone (Studi pada Materi Pokok Struktur Atom)

Amalia Noor Hiqmah (Universitas Negeri Makassar)
Diana Eka Pratiwi (Unknown)
Muhammad Danial (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Sep 2022

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experimental) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan mind mapping dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) secara daring terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 21 Bone pada materi pokok Struktur Atom. Desain penelitian yang digunakan adalah “Posttest-Only Control Design”. Populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 21 Bone yang terdiri dari dua kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Sampel penelitian ini adalah kelas X MIA 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X MIA 2 sebagai kelompok kontrol dengan jumlah peserta didik masing-masing 22 orang. Variabel bebas pada penelitian ini adalah penggunaan mind mapping dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) dan variabel terikatnya yaitu hasil belajar. Data hasil belajar yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Rata-rata hasil belajar peserta didik kelompok eksperimen yaitu 81 dan kelas kontrol yaitu 76. Hasil pengujian hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney diperoleh nilai Zhitung= 2,18 dan pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh Ztabel = 1,64. Oleh karena Zhitung > Ztabel maka H1 diterima atau H0 ditolak. Dengan demikian, terdapat pengaruh penggunaan mind mapping dalam model pembelajaran inkuiri terbimbing (guided inquiry) secara daring terhadap hasil belajar peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 21 Bone pada materi pokok struktur atom.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ChemEdu

Publisher

Subject

Chemistry Education Other

Description

Jurnal Chemedu merupakan wadah untuk bertukar informasi ilmiah mengenai ilmu pendidikan kimia yang meliputi perkembangan teori, media dan metode pembelajaran dari hasil penelitian, telaah pustaka, opini, makalah teknis dan kajian ...