Equilibrium: Jurnal Pendidikan
Vol 11, No 3 (2023): EQUILIBRIUM : JURNAL PENDIDIKAN

Penerapan Information & Communication pada Pembelajaran TIK di Era Society 5.0 Terhadap Motivasi Siswa Kelas X SMA AL Mubarok Kota Serang

Ratna Suminar Suminar (Universitas Bina Bangsa)
Dewi Surani (Universitas Bina Bangsa)
Ade Fricticarani (Universitas Bina Bangsa)



Article Info

Publish Date
07 Sep 2023

Abstract

Abstrak.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi yang pesat pada era Society 5.0, baik dari sisi positif maupun negatif dalam penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Salah satu aspek yang menjadi fokus penelitian ini adalah kurangnya semangat dan motivasi belajar siswa kelas X di SMA Al Mubarok, Kota Serang, terutama dalam mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK). Para siswa belum sepenuhnya mengenal dan memahami perangkat lunak dan perangkat keras pembelajaran. Selain itu, adanya aturan larangan penggunaan handphone juga membuat siswa minim pengetahuan tentang Information Communication Technology (ICT), sehingga penggunaan media pembelajaran masih bersifat konvensional. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif deskriptif yang relatif mudah. Subyek penelitian adalah siswa di SMA Al Mubarok, Kota Serang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah studi dokumentasi dan penyebaran angket atau kuesioner. Data hasil penelitian diolah menggunakan program statistik SPSS Versi 26. Hasil analisis data menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash (X) berpengaruh secara signifikan sebesar 219% terhadap motivasi belajar siswa (Y), yang menandakan bahwa media pembelajaran tersebut berdampak positif dalam meningkatkan motivasi belajar siswa.Kata kunci: Information Communication Technology, Berbasis Macromedia Flash, Era Society 5.0, Motivasi Belajar Siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

equilibrium

Publisher

Subject

Education

Description

Equilibrium: Jurnal Pendidikan dengan ISSN Cetak: 2339-2401 dan ISSN Online: 2477-0221 merupakan Jurnal Peer ulasan untuk publikasi artikel ilmiah di bidang pendidikan dan sosiologi, yang terbuka untuk para dosen, guru, dan masyarakat sesuai kebutuhan. Sedangkan ruang publikasi jurnal equilibrium ...