Journal of Education Research
Vol. 4 No. 3 (2023)

Penggunaan Metode Bervariasi untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Pembelajaran Matematika

Diah Fauziyah Putri (Unknown)
Narayani, Daliyah (Unknown)
Yulandari, Dwi (Unknown)
Ilahi, Risky (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Sep 2023

Abstract

Rendahnya tingkat keberhasilan dalam pembelajaran matematika, terutama pada materi bilangan bulat, disebabkan oleh kurangnya pemahaman awal siswa terhadap konsep dasar matematika, seperti kesulitan dalam memahami operasi bilangan bulat, perbandingan bilangan bulat, membedakan antara bilangan positif dan negatif, dan kesulitan mengidentifikasi solusi untuk masalah bilangan bulat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konseptual siswa terhadap konsep dasar matematika terkait materi bilangan bulat dengan menggunakan model pembelajaran bervariasi, seperti Direct Instruction, Cooperative Learning, dan Problem Base Learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMPN tiga Bangkinang. Siswa yang terlibat dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas VII C, yang berjumlah dua puluh tiga orang.Penelitian ini menggunakan dua siklus dimana masing-masing terdiri dari empat langkah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan metode bervariasi dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pembelajaran matematika.  Pada siklus pertama, data hasil penilaian siswa menunjukkan peningkatan persentase ketuntasan. Hasil ini menunjukkan bahwa penelitian tindakan kelas ini mencapai ketuntasan di atas delapan puluh persen. Berdasarkan hasil penelitian , Dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bervariasi dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep pembelajaran matematika

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...