Journal of Education Research
Vol. 4 No. 3 (2023): SEPTEMBER 2023

Approaches and MALL Integrated with the Teaching of English at the Selected Asian Universities

Nofvia De Vega (Universitas Negeri Makasar)
Muhammad Basri (Universitas Negeri Makassar)
Sahril Nur (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Tujuan utama dari penelitian tinjauan komprehensif ini adalah untuk mensintesis temuan penelitian tentang pemanfaatan Mobile-Assisted Language Learning (MALL) dalam pendekatan pedagogis, metode pengumpulan data, dan fokus penelitian. Penelitian ini memberikan gambaran luas tentang aplikasi MALL dalam pembelajaran dan pengajaran bahasa, menyoroti efektivitasnya dan area yang perlu ditingkatkan. Dalam hal metodologi, penelitian ini mengadopsi pendekatan tinjauan literatur sistematis untuk menganalisis berbagai studi tentang MALL. Artikel-artikel tersebut dikategorikan berdasarkan pendekatan pedagogis mereka (pembelajaran berbasis tugas, pengajaran bahasa komunikatif, perilaku), metode pengumpulan data (kuesioner, tes, wawancara, diskusi kelompok forum, observasi), dan fokus penelitian yang terkait. Studi yang dipilih menggunakan berbagai pendekatan pedagogis termasuk pembelajaran berbasis tugas dengan sembilan peserta menjadi jumlah yang paling signifikan. Data dikumpulkan melalui berbagai cara seperti kuesioner dengan 39 artikel. Beberapa permasalahan penelitian ini juga diidentifikasi yang berkisar seputar masalah literasi teknis dan digital. Hasilnya menunjukkan bahwa MALL efektif dalam meningkatkan pemerolehan bahasa ketika diimplementasikan dengan benar dalam kerangka pedagogis yang sesuai. Namun demikian juga mengungkapkan tantangan seperti perlakuan tidak sama antara kelompok kontrol dan eksperimental di beberapa studi serta kesulitan teknis yang dihadapi oleh peserta didik. Makalah ini menyimpulkan bahwa meskipun MALL menawarkan peluang menjanjikan untuk meningkatkan pembelajaran bahasa; para pendidik perlu mempertimbangkan tantangan-tantangan tersebut saat merancang strategi instruksional mereka. Penelitian selanjutnya dapat fokus pada mengukur dimensi otonomi peserta didik secara empiris dalam konteks MALL atau menjajaki cara-cara untuk mengatasi tantangan-tantangan yang telah teridentifikasi untuk implementasi teknologi mobile lebih efektif di kelas-kelas bahasa.  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jer

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences

Description

Journal of Education Research is a peer-refereed open-access journal which has been established for the dissemination of state of the art knowledge in the field of education. This Journal is published for time per year at March, June, September and December by Perkumpulan Pengelola Jurnal PAUD ...