Bionatural: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi
Vol. 10 No. 1 (2023): JURNAL BIONATURAL

UPAYA STRATEGI HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD NEGERI BLANG BINTANG KECAMATAN KUALA KABUPATEN NAGAN RAYA

musdiani musdiani (Universitas Bina Bangsa Getsempena, Indonesia)
Rita Oktavia (STKIP Bina Bangsa Meulaboh)
suriana (STKIP Bina Bangsa Meulaboh)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatan hasil belajar dengan menggunakan strategi pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) di kelas V SD Negeri Blang Bintang Kecamatan Kaula Kabupaten Nagan Raya. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang berjumlah 22 orang, yang terdiri dari 9 laki-laki dan 13 perempuan. Teknik Pengeumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dari implementasi strategi Higher Order Thinking Skill (Hots). Pada hasil pra tindakan siswa yang memperoleh ketuntasan hasil belajar yaitu 7 siswa atau 31,8% dengan nilai rata-rata 51,3. Pada siklus pertama siswa yang memperoleh ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 9 siswa atau 40,9% dengan nilai rata-rata 53,6. Selanjutnya pada siklus kedua siswa yang memperoleh ketuntasan hasil belajar meningkat menjadi 18 siswa atau 81,8% dengan nilai rata-rata 75,9. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan pada Upaya Strategi Higher Order Thinking Skill (Hots) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Blang Bintang Kecamatan Kuala Kabupaten Nagan Raya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bio

Publisher

Subject

Education

Description

Bionatural : jurnal ilmiah pendidikan Biologi publishes peer-reviewed research of special importance and broad interest in any area of biology education by research and or result of conceptual studies. ...