Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kinerja dosen, kualitas pelayanan akademik dan fasilitas belajar terhadap kepuasan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh (Unmuha). Metode penelitian yang digunakan adalah asosiatif kuantitatif dengan jumlah sampel sebanyak 88 orang mahasiswa aktif Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unmuha Tahun Akademik 2022/2023. Pengujian dan analisis data primer dilakukan dengan formulasi regresi linier berganda. Hasil uji T menunjukkan bahwa kinerja dosen dan fasilitias belajar berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa dengan nilai t hitung > t tabel, masing-masing sebesar (4,238 > 1.99) dan (2,183 > 1.99). Sedangkan kualitas pelayanan akademik ditemukan tidak berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa karena nilai t hitung < t tabel (1,696) < 1.99). Sementara hasil uji-F menunjukkan bahwa kinerja dosen, kualitas pelayanan akademik dan fasilitas belajar berpengaruh secara bersama-sama terhadap kepuasan mahasiswa pada Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Aceh dengan nilai F hitung ≥ F tabel sebesar 93,146 ≥ 2.71.
Copyrights © 2023