Visionist
Vol 12, No 2 (2023): Maret

Pengaruh E-Commerce, Product Review dan Influencer terhadap Keputusan Pembelian Melalui Marketplace Shopee (Studi Terhadap Masyarakat di Kampung Way Agung, Kabupaten Way Kanan)

Dini Wijayanti (Universitas Bandar Lampung)
Suhaimi Suhaimi (Universitas Bandar Lampung)
Nabilla Nur Arifin (Universitas Bandar Lampung)
Tina Miniawati Barusman (Universitas Bandar Lampung)
Wenny Permata Sari (Universitas Bandar Lampung)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2023

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai melalui penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh e-commerce, product review dan influencer marketing baik secara parsial maupun bersama-sama terhadap keputusan pembelian masyarakat Kampung Way Agung melalui Marketplace Shopee. Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian kausal dengan metode penelitian menggunakan penelitian survei dengan pendekatan statistik. Analisis data statistik menggunakan regresi linier dengan Program SPSS.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial maupun simultan variabel e- commerce, product review dan influencer secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui Marketplace Shopee. Saran yang dapat dikemukakan hendaknya konsumen berhati-hati untuk memilih penjual/seller, hendaknya masyarakat membaca dengan teliti mengenai rekomendasi yang diulas oleh konsumen yang telah membeli produk, hendaknya konsumen harus bijak menyikapi apakah produk yang dipromosikan influencer sesuai dengan kebutuhan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmv

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Other

Description

VISIONIST: Jurnal Manajemen, menyajikan artikel yang merupakan hasil refleksi, penelitian atau kajian analitis terhadap berbagai fenomena manajemen yang belum pernah dipublikasikan di media ...