Bakti: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 2 No. 1 (2022): BAKTI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat

Pelestarian Wisata Perairan Pulau Kumo, Telaga Biru, dan Air Panas Mamuya Dari Pencemaran Sampah

Boyke Raymond Toisuta (Universitas Halmahera)
Ontje Fransisca Winesty Tutupary (Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Ilmu Alam dan Teknologi Rekayasa, Universitas Halmahera, Maluku Utara)
Alberth I. Pical (Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Ilmu Alam dan Teknologi Rekayasa, Universitas Halmahera, Maluku Utara)
Loana Jeanete Totoda (Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Ilmu Alam dan Teknologi Rekayasa, Universitas Halmahera, Maluku Utara)
Darius Arkwright (Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Ilmu Alam dan Teknologi Rekayasa, Universitas Halmahera, Maluku Utara)
Jeriksen Madellu (Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan, Fakultas Ilmu Alam dan Teknologi Rekayasa, Universitas Halmahera, Maluku Utara)



Article Info

Publish Date
05 Jul 2022

Abstract

Keberadaan sampah di wisata perairan Pulau Kumo, Telaga Biru dan Air Panas Mamuya, sampai saat ini semakin bertambah sehingga menyebabkan pencemaran lingkungan. Keberadaan sampah tidak bisa dihindari karena menjadi sumber penyakit. Upaya sederhana yang dilakukan untuk meminimalkan sampah di wisata perairan yaitu melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan tujuan untuk memberikan pelatihan dalam meningkatkan pengetahuan, wawasan, kesadaran diri dan saling bertukar pikiran tentang pentingnya melestarikan lingkungan wisata perairan dari sampah sehingga mengurangi pencemaran lingkungan akibat menumpuknya sampah. Lewat upaya ini Tim Pengabdian Program Studi Manajemen Sumberdaya Perairan berkerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Pemerintah Desa dalam meminimalkan sampah di wisata perairan Pulau Kumo, Telaga Biru dan Air Panas Mamuya karena sampah perlu mendapatkan perhatian serius untuk dikurangi tingkat pencemarannya. Hasil keberhasilan pelaksanaan pengabdian dapat dikatakan sangat baik karena didukung dengan metode ceramah dan demonstrasi sehingga menunjukkan setiap peserta yang terlibat telah memiliki pengetahuan, wawasan dan kesadaran diri dan selanjutnya dilakukan aksi demontrasi dalam membersihkan sampah

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

bakti

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Public Health Social Sciences

Description

BAKTI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat is one of the scientific publications journal that published by Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Region XII Maluku and Maluku Utara, with ISSN (Online): 2798-3684. BAKTI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat aims to publihs the dharma of community ...