Holistic Journal of Sport Education
Vol 2, No 1 (2022): HJSE: Holistic Journal of Sport Education

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE STUDENT ACHIEVEMENT DEVISION TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BAWAH BOLA VOLI

Ani Kurniawati (Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Indonesia)
Dian Nurdiansyah (Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Indonesia)
Azhar Ramadhana Sonjaya (Pendidikan Jasmani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Siliwangi, Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Pengaruh model pembelajaran kooperatif type student team achievement devision terhadap hasil belajar teknik dasar pasing bawah bola voli Adapun metode yang diginakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Exsperimental. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 03 Sukamaju dengan populasi sebanyak 25 siswa. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan bahwa model pembelajaran kooperatif type student achievement devision berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar teknik dasar pasing bawah bola voli. didapatkan nilai t-hitung sebesar 6,310 lebih besar dari t-tabel sebesar 2,064 uji hipotesis juga dapat dilihat dari nilai sig. (p-value) dimana p-value = 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga menolak dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif type student achievement devision memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar teknik dasar pasing bawah bola voli.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

hjse

Publisher

Subject

Humanities Health Professions Other

Description

Holistic Journal of Sport Education (HJSE) diterbitkan oleh Program Pendidikan Olahraga, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut. Holistic Journal of Sport Education (HJSE) terbit setiap 6 bulan sekali (Bulan Desember dan Juni), dengan nomor E-ISSNÂ 2809-9974. Holistic Journal of ...