cover
Contact Name
Z. Arifin
Contact Email
z.arifin.pjkr@uniga.ac.id
Phone
+6285318861442
Journal Mail Official
Journal.hjse@uniga.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Samarang No. 52 A Hampor-Tarogong, Garut, 44151 Jawa Barat-Indonesia
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Holistic Journal of Sport Education
Published by Universitas Garut
ISSN : -     EISSN : 28099974     DOI : http://dx.doi.org/10.52434/hjse.v2i2.2627
Holistic Journal of Sport Education (HJSE) diterbitkan oleh Program Pendidikan Olahraga, Fakultas Pendidikan Islam dan Keguruan, Universitas Garut. Holistic Journal of Sport Education (HJSE) terbit setiap 6 bulan sekali (Bulan Desember dan Juni), dengan nomor E-ISSNÂ 2809-9974. Holistic Journal of Sport Education (HJSE) merupakan jurnal ilmiah yang dapat memuat tulisan yang berkaitan dengan Pedagogi Olahraga (pendidikan jasmani), Kesehatan Olahraga, Biomekanika Olahraga, Fisiologi Olahraga, Psikologi Olahraga, Nutrisi Olahraga, dan kontrol motorik. Proses review dalam jurnal ini menggunakan double-blind review, ini berarti bahwa identitas reviewer dan penulis disembunyikan dari peninjau, dan sebaliknya, selama proses review
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 20 Documents
PERANAN ORANG TUA TERHADAP MINAT DAN BAKAT OLAHRAGA SISWA USIA DINI Azhar Ramadhana Sonjaya; Z. Arifin; Ihsan Sidqiyah Nurzaman
Holistic Journal of Sport Education Vol 1, No 2 (2022): HJSE: Holistic Journal of Sport Education
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/hjse.v1i2.1945

Abstract

Tujuan dari penelitian: (1) untuk mengetahui peranan orang tua terhadap minat olahraga pada siswa usia dini di masa pandemi covid-19. (2) untuk mengetahui peranan orang tua terhadap bakat olahraga pada siswa usia dini di masa pandemi covid-19. Jenis penelitian deskriptif kuantitatif, desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah 200 siswa SDIT 2 Persis Tarogong Garut, sampel berjumlah 34 siswa/i. Metode pengumpulan data dilakukan dengan penilaian angket menggunakan Google Form dan wawancara dengan Voice Note what Aps. Berdasarkkan hasil perhitungan Uji (rxy) minat olahraga diperoleh sebesar 0,715, dan nilai rtabel sebesar 0,361 dengn taraf signifiksi 0,05. bahwa terdapat hubungan antara peran orang tua terhadap minat olahraga siswa usia dini dimasa pandemi covid-19. Dan Hasil Uji (rxy) bakat olahraga diperoleh sebesar 0,672 > p 0,000 dan jika dibandingkan dengan nilai rtabel sebesar 0,361 dengan taraf signifiksi 0,05. terdapat hubungan antara peran orang tua terhadap bakat olahraga siswa usia dini dimasa pandemi covid-19. 
HUBUNGAN LAMA DUDUK DI DEPAN LAYAR KOMPUTER, AKTIVITAS FISIK DAN INDEKS MASA TUBUH PADA SISWA SMK N 1 GARUT JURUSAN MULTIMEDIA PASCA PANDEMI COVID - 19 Solahudin -
Holistic Journal of Sport Education Vol 1, No 1 (2021): HJSE: Holistic Journal of Sport Education
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/hjse.v1i1.1461

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui hubungan lama duduk didepan Komputer atau gadget siswa SMK N 1 Garut Kelas XI jurusan Multimedia serta aktivitas fisik dengan Indeks Massa Tubuh pasca pandemic Covid 19. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan Multimedia berjumlah 100 orang dan pengambilan sampel menggunakan teknik Random Sampling. Adapun instrument yang digunakan adalah tes IMT (Indeks massa Tubuh) dengan rumus IMT = BB (Kg) / TB (m)². Tekhnik perhitungan dan analisis data dalam perhitungan ini melalui pendekatan kuantitatif berupa persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa hasil rata rata Indeks Masa Tubuh (IMT) siswa Multimedia SMK N 1 Garut adalah sebesar 19,56 Kg/m². dengan Simpangan baku 3,40. Sedangkan untuk nilai minimumnya sebesar 14,15 Kg/m², dan nilai maksimumnya 30,90. Berdasarkan tabel kualifikasi penilaian Indeks Massa Tubuh (IMT) maka dapat disimpulkan bahwa rata rata siswa multimedia SMK N 1 Garut memiliki kualifikasi Indeks Massa Tubuh Normal
PENGARUH METODE BLOCKED PRACTICE DISERTAI VISUALISASI TERHADAP KETERAMPILAN GAYA DADA Z. Arifin; Asep Angga Permadi; Bobby Berliana; Irwan Hermawan; Alam Hadi Kosasih
Holistic Journal of Sport Education Vol 2, No 2 (2023): HJSE: Holistic Journal of Sport Education
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/hjse.v2i2.2616

Abstract

PENGARUH LATIHAN KONDISI FISIK TERHADAP KEKUATAN OTOT LENGAN PADA ATLET KARATE Ani Kurniawati; Baim Imam Baihaki; Azhar Ramadhana Sonjaya
Holistic Journal of Sport Education Vol 2, No 1 (2022): HJSE: Holistic Journal of Sport Education
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/hjse.v2i1.2363

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh latihan kondisi fisik terhadap kekuatan otot lengan pada atlet karate. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Penelitian dilaksanakan di Sor Ciateul Kabupaten Garut dengan populasi sebanyak 18 orang dan sampel usia 14-17 tahun. Hasil analisis menunjukkan bahwa dalam data terdapat pengaruh latihan kondisi fisik terhadap kekuatan otot lengan pada atlet karate. Hasil uji-t untuk tes banyaknya skor push up diperoleh nilai t-hitung sebesar -11.859 sedangkan t-tabel memperoleh nolai 0.000  0.005 pada kelompok eksperimen. Berarti lebih besar dari t-tabel, maka (H0 ditolak). Dan dapat disimpulkan bahwa latihan kondisi fisik dapat berpengaruh terhadap kekuatan otot lengan pada atlet karate.
PENGARUH MOBILE LEGEND TERHADAP KEMAMPUAN PROBLEM SOLVING SISWA Abdul Gani; Muchamad Ishak; Asep Angga Permadi
Holistic Journal of Sport Education Vol 1, No 2 (2022): HJSE: Holistic Journal of Sport Education
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/hjse.v1i2.1946

Abstract

Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan problem solving siswa yang bermain mobile legend di SMKN 1 Cisarua. Penelitian ini adalah penelitian yang besifat kualitatif dengan pendekatan studi kasus (case study). Intstrumen penelitian yang penulis gunakan adalah menggunakan angket. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut bagaimana tingakat kemampuan problem solving siswa yang bermain Mobile Legend?. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMKN 1 Cisarua yang berjumlah 132 siswa. Jumlah sampel yang ditarik dari populasi sebanyak 20 orang siswa kelas X di SMKN 1 Cisarua siswa yang bermain game mobile legend. Dalam penelitian ini teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan hasil pengolahan dan analisis data mengenai pengaruh mobile legend terhadap kemampuan problem solving siswa, yang dilakukan pada siswa kelas X di SMKN 1 Cisarua, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : Hasil perhitungan di atas menunjukan bahwa dalam game mobile legends setiap pemain akan berusaha mengalahkan tim lawan dengan menggunakan skill hero. Pemain akan mengidentifikasi masalah, dalam hal ini mempelajari serangan dari hero lawan. Kemudian pemain akan merancang strategi dan menjalankan strategi untuk mengalahkan hero lawan. Pemain juga menganalisis kembali strategi yang digunakan efektif atau tidak dalam mengalahkan hero lawan. Hal ini persis seperti langkah-langkah yang dilakukan dalam problem solving. Apabila dilihat dari frekuensi dari tiap kategori, terlihat bahwa pengaruh mobile legend terhadap kemampuan problem solving siswa adalah Tinggi
PROFIL TINGKAT KEMAMPUAN DASAR BOLA BASKET SISWA EKSTRAKULIKULER DI SMK CILEDUGAL-MUSADADDIYAH Egi Adiansyah; Sepiyanto Yuda; Firman Danil; Ridwan Fadilah; Rusli Abdul
Holistic Journal of Sport Education Vol 1, No 1 (2021): HJSE: Holistic Journal of Sport Education
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/hjse.v1i1.1466

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemapuan teknik dasar bola basket terhadap siswa yang mengikuti kegiatanekstrakulikuler bola basket di SMK Ciledug Al - Musaddadiyah. Penelitian ini adalah penelitian deskriftif dengan populasi terdiri dari siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah AAHPERD Basbetball Test. Hasil, teknik dribble berkategori kurang dengan menggunakan tangan bagian kiri sebanyak 8 frekuensi (70%) dan kategori kurang dengan menggunkan tangan kanan sebanyak 8 frekuensi (70%), teknik dasar passing sebanyak 7 frekuensi (58%) dinyatakan kurang, dan teknik dasar shooting sebanyak 3 frekuensi (67%) dinyatakan kurang. Maka rata-rata tes teknik dasar bola basket siswaa ekstrakulikuler bola basket di SMK Ciledug AL-Musaddadiyah di kategorikan kurang.
PENGARUH PEMBELAJARAN DARING DAN LURING TERHADAP MOTIVASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN PERMAINAN BOLA VOLI DI SMK BINA PUTRA NUGRAHA KADUPANDAK Andi Kurniawan Pratama; Asep Ramdan Afriyuandi; Yuda Yudistira
Holistic Journal of Sport Education Vol 2, No 2 (2023): HJSE: Holistic Journal of Sport Education
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/hjse.v2i2.2712

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan sistem dan paradigma pembelajaran di masa pandemi covid 19 yang menyebabkan rendahnya motivasi siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pembelajaran daring dan luring terhadap motivasi siswa dalam pembelajaran permainan bola voli, teknik penarikan sampelnya menggunakan Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random sebanyak 30 orang untuk kelompok daring dan 30 orang untuk kelompok luring. Instrumen yang digunakan yaitu angket motivasi siswa dalam pembelajaran permainan bola voli. Teknik analisis datanya menggunakan uji paired sample t-test dan uji independent sample t-test dengan program SPSS versi 20. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu pembelajaran luring memiliki pengaruh yang lebih besar daripada pembelajaran daring terhadap motivasi siswa dalam pembelajaran permainan bola voli.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE STUDENT ACHIEVEMENT DEVISION TERHADAP HASIL BELAJAR TEKNIK DASAR PASSING BAWAH BOLA VOLI Ani Kurniawati; Dian Nurdiansyah; Azhar Ramadhana Sonjaya
Holistic Journal of Sport Education Vol 2, No 1 (2022): HJSE: Holistic Journal of Sport Education
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/hjse.v2i1.2364

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti Pengaruh model pembelajaran kooperatif type student team achievement devision terhadap hasil belajar teknik dasar pasing bawah bola voli Adapun metode yang diginakan dalam penelitian ini yaitu Quasi Exsperimental. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 03 Sukamaju dengan populasi sebanyak 25 siswa. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan bahwa model pembelajaran kooperatif type student achievement devision berpengaruh signifikan terhadap peningkatan hasil belajar teknik dasar pasing bawah bola voli. didapatkan nilai t-hitung sebesar 6,310 lebih besar dari t-tabel sebesar 2,064 uji hipotesis juga dapat dilihat dari nilai sig. (p-value) dimana p-value = 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga menolak dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif type student achievement devision memberikan pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar teknik dasar pasing bawah bola voli.
HUBUNGAN ANTARA TINGKAT KEBUGARAN JASMANI DENGAN KONSENTRASI BELAJAR PENDIDIKAN JASAMANI SISWA Irwan Hermawan; Azhar Ramadhana Sonjaya; Muhammad Sultan Raswan
Holistic Journal of Sport Education Vol 1, No 2 (2022): HJSE: Holistic Journal of Sport Education
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/hjse.v1i2.1947

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat kebugaran jasmani dengan konsentrasi belajar pendidikan jasmani. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif korelasi. Teknik pengumpulan data melalui 2 tahapan, yang pertama menggunakan test Kebugaran Jasmani Indonesia (TKJI) dan yang kedua menggunakan tes Grid Concentration Exercise terhadap 30 siswa dan diolah menggunakan SPSS. Hasil penelitian ini bahwa terdapat hubungan antara tingkat kebugaran dengan konsentrasi belajar pendidikan jasman yang tunjukan nilai koefesien korelasi lebih besar dari nilai P.
JUMLAH NOMOR PERLOMBAAN DAN SERI DALAM KOMPETISI RENANG TAHUN 2019 Z. Arifin; Luthfi Septiyan Nugraha; Azhar Ramadhana Sonjaya; Boyke Mulyana
Holistic Journal of Sport Education Vol 1, No 1 (2021): HJSE: Holistic Journal of Sport Education
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/hjse.v1i1.1467

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah nomor dan seri pada perlombaan renang tingkat klub dan pelajar di Provinsi Jawa Barat-Indonesia tahun 2019. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan jenis survei. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik studi dokumentasi data dari hasil kompetisi renang tahun 2019. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan software Microsoft Excel. Hasil: Pertama, jumlah pertandingan pada kompetisi renang level klub adalah 483; level pelajar adalah 1269; dan jumlah pertandingan pada level klub dan pelajar adalah 1752. Kedua, jumlah seri di kompetisi tingkat klub adalah 9803; kompetisi tingkat pelajar adalah 27042; dan jumlah seri di kompetisi pada level klub dan pelajar adalah 36845. Kesimpulan: Pertama, jumlah nomor lomba yang dipertandingkan pada lomba renang antar klub dan pelajar se-Jawa Barat tahun 2019 adalah 1752. Kedua, total nomor lomba renang antar klub dan pelajar se-Jawa Barat tahun 2019 sebanyak 36845.

Page 1 of 2 | Total Record : 20