Social Science Academic
SPECIAL ISSUE: Pengabdian Berdampak Membangun Potensi dan Transformasi Masyarakat

Pendampingan Bimbingan Belajar Siswa Jenjang TK-SD Dukuh Kerep Desa Wagir Kidul

Karmila Sari (Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo)
Fuad Fitriawan (Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2023

Abstract

Pendampingan belajar melalui bimbingan belajar merupakan proses pemberian bantuan, baik individu maupun kelompok oleh seorang atau lebih pembimbing yang memiliki keahlian dalam menentukan pilihan, penyesuaian serta pemecahan masalah yang berkaitan dengan perubahan tingkah laku sebagai akibat dari pengalaman maupun rangsangan. Akan tetapi, tidak semua anak bisa mengikuti bimbingan belajar. Hal tersebut terjadi di Desa Wagir Kidul Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo yang jauh dari pusat perkotaan. Metode pelaksanaan pengabdian ini menggunakan metode ABCD, dengan tahapan: persiapan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi. Sasaran kegiatan ini adalah siswa di RT 003/RW 001 Dusun Kerep, Desa Wagir Kidul, Kecamatan Pulung, Kabupaten Ponorogo. Banyaknya siswa yang mengikuti bimbingan belajar ini kurang lebih ada 20 anak tingkat TK-SD. Adapun yang membimbing yaitu peserta KPM. Pembimbing melaksanan peran untuk membimbing sesuai dengan keahlian yang dimiliki. Hasil kegiatan ini yaitu Pertama, meningkatnya prestasi belajar siswa; Kedua, bertambahnya minat belajar siswa; Ketiga, menumbuhkan rasa percaya diri siswa. Keempat melakukan kaderisasi tutor. Faktor pendukung dari kegiatan ini adalah terjalinnya hubungan yang harmonis antara pembimbing dengan pihak sekitar serta kemauan siswa yang tinggi untuk memperdalam konsep. Adapun faktor penghambatnya adalah siswa melakukan bimbingan hanya ketika mendapatkan tugas dari sekolah, cuaca, jarak rumah yang jauh tidak bisa mengikuti bimbingan secara rutin

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ssa

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

This journal is published by Institut Agama Islam Sunan Giri Ponorogo and managet by LPPM INSURI Ponorogo twice a year (June an December). The presence of the journal accommodates scientific writings from the academic community, researchers, students, and practices in social and Humanities that have ...