Nabla Dewantara : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 7 No. 2 (2022): Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika

PENINGKATAN HASIL BELAJAR DAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK DENGAN PEMBELAJARAN CIRC BERBANTUAN QUIZIZZ

Rahmawati (Universitas PGRI Palembang)
Malalina Malalina (Universitas Tamansiswa Palembang)
Rika Firma Yenni (Universitas Tamansiswa Palembang)



Article Info

Publish Date
03 Dec 2022

Abstract

Pembelajaran CIRC berbantuan quizizz merupakan model pembelajaran kooperatif yang dapat digunakan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan aktivitas peserta didik dengan pembelajaran Tipe CIRC berbantuan Quizizz materi Sistem Persamaan Linaer Dua Variabel. Metode penelitian  yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas VIII MTs. Al-Hilaliyah Palembang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi dan analisis data menggunakan teknik deskriptif dengan teknik rata-rata. Berdasarkan hasil penelitian hasil belajar peserta didik pada siklus I yaitu 83.94,  siklus II yaitu  85 dan siklus III yaitu 88. Sedangkan hasil observasi pada siklus I  aktivitas peserta didik  77,5 %  yang mengalami peningkatan, pada siklus II dan III yaitu 88%. Dapat disimpulkan bahwa CIRC dengan berbantuan Quizizz dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar matematika materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

nabla

Publisher

Subject

Education

Description

Nabla Dewantara: Jurnal Pendidikan Matematika merupakan jurnal nasional pendidikan matematika yang menjadi media publikasi hasil penelitian dan karya ilmiah. NABLA DEWANTARA menerima naskah dalam bidang pendidikan matematika secara luas, baik hasil penelitian maupun kajian teori. Jurnal ini terbit 2 ...