Jurnal Pengabdian Tri Bhakti
Vol. 3 No. 2 (2021): Jurnal Pengabdian Tri Bhakti

Peningkatan Komunikasi Merek dan Pemasaran Digital Bagi UMKM

Veny Purba (Universitas Langlangbuana)
Firman Alamsyah Taufik Robi (Universitas Langlangbuana)
Taufik Sadikin (Universitas Langlangbuana)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2021

Abstract

Merek dan pemasaran merupakan kata-kata yang tidak asing lagi bagi pelaku UMKM. Para pelaku UMKM dalam menjalankan usahanya sudah tentu mempunyai merek yang ingin dikenal banyak orang serta produk yang dipasarkan pun ingin terjual banyak. Hal inilah yang menjadi salah satu tujuan utama dari usaha itu sendiri. Merek yang menarik serta pemasaran yang massif menjadi salah satu senjata dalam mengembangkan usaha melalui internet secara digital. Namun masih banyak para pelaku UMKM yang belum memahami tentang strategi dan proses branding produknya secara digital serta bagaimana hal tersebut berdampak pada pemasaran digital.. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan metode daring dalam dua sesi kegiatan. Pertama kegiatan pelatihan daring kepada mitra pengabdian. Materi dalam pelatihan daring ini merupakan kolaborasi antara UNLA dan DIKSI. Kedua adalah webinar mengenai digital branding dan marketing yang bekerjasama dengan DIKSI, sebuah NGO yang peduli terhadap perkembangan UMKM. Hasil akhir dari kegiatan ini berdasarkan masukan dari mitra dan juga peserta webinar adalah strategi branding dan marketing merupakan strategi awal yang harus dilakukan dalam kegiatan usaha dan pelatihan seperti ini diharapkan dalam dilaksanakan berkelanjutan dan secara luring.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tribhakti

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Industrial & Manufacturing Engineering Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Tri Bhakti ditujukan untuk mempublikasikan dan mendesiminasikan pengabdian kepada masyarakat serta kajian para pakar dan praktisi yang berkenaan dengan pemanfaatan ilmu pengetahuan dalam kehidupan masyarakat. Secara khusus menitikberatkan pada permasalahan pokok dalam pengembangan ...