cover
Contact Name
Asep Hidayat
Contact Email
asep.hidayat.1204@gmail.com
Phone
+6282219434646
Journal Mail Official
abdimas.tribhakti.unla@gmail.com
Editorial Address
Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Langlangbuana Jl. Karapitan No. 116, Kota Bandung, Jawa Barat, Indonesia 40261
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pengabdian Tri Bhakti
ISSN : 27151123     EISSN : 27151131     DOI : https://doi.org/10.36555/tribhakti
Jurnal Pengabdian Tri Bhakti ditujukan untuk mempublikasikan dan mendesiminasikan pengabdian kepada masyarakat serta kajian para pakar dan praktisi yang berkenaan dengan pemanfaatan ilmu pengetahuan dalam kehidupan masyarakat. Secara khusus menitikberatkan pada permasalahan pokok dalam pengembangan keilmuan bidang pengabdian masyarakat sebagai berikut: (1) Pelayanan masyarakat: Masyarakat, Ketahanan Pangan Lokal, Pelatihan, Pemasaran, Teknologi Tepat Guna, Desain; (2) Pemberdayaan masyarakat, akses sosial; (3) Pengabdian mahasiswa melalui program Kuliah Kerja Mahasiswa; DAN (4) Pendidikan untuk pembangunan berkelanjutan.
Articles 82 Documents
Pendampingan Guru Menggunakan Edmodo dalam Pembelajaran Popon Mariam; Asep Hidayat
Jurnal Pengabdian Tri Bhakti Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Pengabdian Tri Bhakti
Publisher : Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36555/tribhakti.v1i1.1334

Abstract

Perkembangan internet yang semakin pesat dan merambah ke beberapa bidang, tidak terkecuali bidang pendidikan, tidak terkecuali pada perkembangan media pembelajaran yang juga ikut berkembang dan memunculkan berbagai Jejaring Sosial Pembelajaran (Social Learning Network). Edmodo merupakan sebuah media pembelajaran secara daring yang menggabungkan beberapa fitur Learning Management System dan Social Network menjadi Social Learning Network yang khusus dibuat untuk keperluan pendidikan. Edmodo menyediakan cara yang aman dan mudah untuk berkomunikasi dan berkolaborasi antara siswa dan guru, berbagi konten berupa teks, gambar link, video maupun audio. Metode pelaksanaan PKM dilakukan dalam tiga blok yaitu input, proses dan output sedangkan proses pendampingan guru dilaksanakan dengan menggunakan Design Thinking Approach. yang dipopulerkan oleh David Kelley dan Tim Brown. Proses desain merupakan sebuah proses dengan tahapan-tahapan yang dilakukan berulang-ulang untuk melakukan improvisasi dan menghasilkan pemecahan masalah yang baik. Tahapan-tahapan tersebut diantaranya (1). Empathize, (2). Define, (3). Idea, (4). Prototype dan (5). Test. Target luaran telah dicapai yaitu (1) Artikel berjudul Pendampingan Guru Menggunakan Edmodo dalam Pembelajaran submitted pada Jurnal Pengabdian Tribhakti UNLA Bandung, (2) Dokumentasi pelaksanaan berupa video dan foto, (3) Draft bahan ajar modul berjudul Penggunaan Edmodo dalam Pembelajaran, (4) Peningkatan pengetahuan dan kemampuan guru SMKS Pajajaran 2 Bandung dalam melaksanakan pembelajaran E-learning dengan menggunakan program edmodo sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas proses dan hasil pembelajaran dalam mata pelajaran yang diampu.
Pendampingan Terhadap Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Media TV Bagi Masyarakat di Desa Bumiwangi Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung Tita Melia Milyane; Wiwin Winangsih
Jurnal Pengabdian Tri Bhakti Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Pengabdian Tri Bhakti
Publisher : Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36555/tribhakti.v1i1.1337

Abstract

Berbicara tentang literasi media TV, seakan tiada habisnya. Literasi media di televisi merupakan suatu kemampuan yang perlu dikembangkan mengingat banyaknya program-program televisi yang tidak mendidik, memunculkan kekerasan visual/agresifitas, mistik dll. Masyarakat perlu dibina agar memiliki kemampuan memilah, mana tayangan yang bermanfaat dan mana tayangan yang tidak pantas. Dalam hal ini, Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) sebagai organisasi yang diharapkan menjadi wadah potensial motor penggerak pembangunan di Desa. Sesuai dengan perannya, PKK harus dapat menjadi penggerak masyarakat (sosial), aktif dalam pembangunan dan pembinaan kepada keluarga supaya menjadi keluarga yang harmonis, serta mendorong tumbuh dan berkembangnya berbagai usaha ekonomi keluarga. Salah satu peran PKK adalah bagaimana membantu pemerintah dalam mencerdaskan masyarakat melalui peningkatan kemampuan literasi media TV. Literasi media TV disini berarti kemampuan memilah tayangan yang bermanfaat dan tayangan yang tidak bermanfaat. Adapun sasaran dari program pengabdian masyarakat ini adalah masyarakat, terutama ibu-ibu rumah tangga yang diharapkan dapat lebih cerdas memilih tayangan bagi anak-anak dan keluarganya di rumah.
Pelatihan Menulis Artikel Ilmiah pada Jurnal Nasional Bagi Guru SDN GBI Bojongsoang, Buahbatu, Kabupaten Bandung Imam Jahrudin Priyanto; Sri Rohartati
Jurnal Pengabdian Tri Bhakti Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Pengabdian Tri Bhakti
Publisher : Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36555/tribhakti.v1i1.1338

Abstract

Guru profesional tentunya harus memiliki berbagai kemampuan. Salah satunya ialah kemampuan menulis karya ilmiah. Dengan menulis karya ilmiah, selain dapat naik pangkat, jabatan, dan golongan sehingga mengalami peningkatan karier, guru juga mendapatkan penghargaan dan pengakuan. Namun, sayangnya, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa banyak guru yang belum mampu menulis karya ilmiah yang dipublikasikan pada jurnal ataupun menjadi pemakalah pendamping pada acara seminar nasional ataupun regional. Metode pelaksanaan kegiatan pengabdian ini ialah in-service training program yaitu pelatihan dan pendampingan kepada guru-guru SDN Bojongsoang Buahbatu Kabupaten Bandung. Adapun langkah-langkah kegiatan yang ditempuh ialah koordinasi, penyemaian informasi, pendampingan, dan evaluasi. Hasil pengabdian sebelumnya menunjukkan bahwa sebagian besar guru SDN Bojongsoang Buahbatu Kabupaten Bandung belum paham dan belum menguasai teknik penulisan yang sesuai dengan aturan penulisan karya ilmiah. Selain itu, peserta juga menjelaskan bahwa kesulitan mendasar yang banyak dialami dalam menyusun artikel ialah merasa sulit saat mengawali penelitian, karena pada dasarnya pengabdian ini akan dijadikan bahan penyusunan artikel. Kesulitan itu berawal dari tidak adanya ide yang akan dituangkan dalam penelitian. Ide tidak muncul karena kegiatan membaca dan menulis belum menjadi kebiasaan.
Penguatan Penyampaian Laporan SPT Tahunan PPh Pasal 21 Dengan E-SPT Wajib Pajak Orang Pribadi Bagi Pegawai Kantor Kecamatan Arcamanik Bandung Ari Bramasto; Ayi Astuti; Asep Saepudin; Rizky Ferari Ockativian
Jurnal Pengabdian Tri Bhakti Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Pengabdian Tri Bhakti
Publisher : Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36555/tribhakti.v1i1.1340

Abstract

On-line Annual Tax Returns Article 21 Taxpayers Socialization of 2018 Personal Taxpayers using e-SPT on March 2019 can increase knowledge for citizens about 21 annual income tax reporting, especially in the Lengkong District environment and from the socialization it increases tax reporting knowledge income as provisions for the citizens of the Arcamanik District of Bandung and can follow the current tax developments.
Menanggulangi Tindakan Bullying di SMP Bina Sarana Cendekia Al – Kenzie Bandung Melalui Upaya Hukum Preventif Sebagai Bentuk Perlindungan Anak Hernawati RAS; Ryan Fani
Jurnal Pengabdian Tri Bhakti Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Pengabdian Tri Bhakti
Publisher : Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36555/tribhakti.v1i1.1342

Abstract

Bullying merupakan tindakan yang menyebabkan seseorang merasa tidak nyaman, terluka, dan sakit, didalam bullying terdapat unsur kekerasan baik terhadap fisik maupun psikis seseorang, data empiris tindakan bullying menunjukan dari tahun ke tahun semakin meningkat khususnya pada kalangan anak dilingkungan sekolah, salah satu contohnya di SMP Al Kenzie yang diduga sering ditemukan tindakan bullying, seperti yang diketahui bahwa dampak negatif bullying terhadap siswa atau anak sangat berpengaruh bagi perkembangan anak, oleh karenanya permasalahan ini tentunya wajib menjadi perhatian bagi pihak sekolah maupun pihak ekstrinsik lainnya. Metode yang digunakan dalam artikel ini adalah metode yuridis normatif empiris dengan menggunakan data sekunder didukung dengan data lapangan berupa observasi wawancara dan diskusi berbentuk seminar atau penyuluhan hukum anti – bullying sebagai bentuk kegiatan dari pengabdian masyarakat. Hasil yang didapatkan, yang pertama bahwa bentuk upaya hukum preventif dalam menanggulangi tindakan bullying ialah pelaksanaan penyuluhan hukum yang memuat kegiatan sosialisasi produk hukum anti bullying dan edukasi tentang bullying terhadap siswa serta guru maupun unsur perangkat sekolah lainnya, yang kedua adalah keseluruhan program penyuluhan hukum ini wajib untuk dilaksanakan secara berkala sesuai dengan amanat UUPA sebagai bentuk perlindungan terhadap anak atau siswa disekolah khususnya di SMP Al Kenzie Bandung sebagai tempat yang menjadi obyek kegiatan dari pengabdian masyarakat.
Sikap Perilaku Berkebangsaan Siswa yang Berkarakter Lisdawati Wahjudin; Ivone Kartika Permana
Jurnal Pengabdian Tri Bhakti Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Pengabdian Tri Bhakti
Publisher : Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36555/tribhakti.v1i1.1343

Abstract

Proses pengembangan perilaku siswa yang berwawasan kebangsaan dilakukan adalah bagaimana terbentuknya proses kepribadian, pola pikir, pola rasa dan pola perilaku. Pemahaman tentang proses ini membantu untuk melakukan perubahan dan modifikasi terhadap kepribadian dan wawasan kebangsaan siswa sebagai motivasi manusia yang dapat menjadi pribadi yang mandiri yang dapat merealisasikan motivasi dasar bagi perubahan perilaku, yakni kebutuhan akan rasa aman, bernilai, berharga dan dipahami. Pada kegiatan pengabdian kepada masyarakat dirasakan sangat perlu menghimbau kembali pada remaja khususnya siswa sekolah tingkat menengah yang sedang mengalami masa transisi remaja dewasa kepada tingkat dewasa awal. Hal ini perlu adanya dukungan lingkungan sekitar, di antaranya lingkungan sekolah yakni teman, guru-guru yang mendukung proses perubahan dan perkembangan karakter. Kompetensi yang dihasilkan dari pelatihan ini adalah agar siswa dapat lebih memahami konsep belajar yang secara harfian yakni upaya yang dilakukan melalui suatu proses untuk meningkatkan kepandaian dan kemampuan seorang siswa. Adapun proses belajar yang dilakukan adalah melalui kegiatan melihat, mendengar, membaca, mencium, dan merasakan. Sedangkan keterampilan (skill) yang didapat seseorang melalui latihan adalah pikiran (thinking), kemauan (willing), perasaan (feeling), dan tingkah laku (attitude). Dalam proses belajar yang benar, seseorang mampu bertindak sesuai dengan yang didapat.
PKM Pendidikan Anak Usia Dini Bunga Cempaka di Kota Bandung Emi Rachmawati; Nia Pusparini
Jurnal Pengabdian Tri Bhakti Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Pengabdian Tri Bhakti
Publisher : Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36555/tribhakti.v1i1.1344

Abstract

Pendidkan Anak Usia Dini (PAUD) Bunga Cempaka adalah jenis layanan Satuan PAUD Sejenis (SPS) yang terletak di Kelurahan Ancol Kecamatan Regol Kota Bandung. Visi Pos PAUD Bunga Cempaka adalah “anak menjadi pribadi cerdas, kreatif, dan berakhlak mulia”. Masalah yang dihadapi mitra antara lain: kurangnya pemahaman mengenai proses pengajuan proposal bantuan dana, kurangnya pemahaman proses pembelajaran bagi siswa PAUD dan Minimnya informasi tentang pola asuh anak terhadap perkembangan intelektual dan emosi anak. Metode pendekatan yang digunakan untuk meningkatkan pendidikan di PAUD Bunga Cempaka melalui pelatihan di bidang pendidikan, pendampingan pengajuan proposal bantuan anggaran dan penyuluhan psikologi. Target luaran PKM dapat dipublikasikan di jurnal ilmiah cetak/elektronik nasional tidak terakreditasi. Hasil yang dirasakan oleh mitra dengan adanya pelaksanaan pelatihan, pendampingan pembuatan proposal pengajuan bantuan anggaran dana hibah dan juga penyuluhan psikologi secara optimal melalui ibu-ibu Kader PKK, mitra dapat merasakan manfaat pendidikan/pengajaran membina anak usia dini secara optimal dan dapat dirasakan hasilnya oleh masyarakat.
Pengabdian kepada Masyarakat Pembelajaran Berbasis STEM Bagi Guru - Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Bandung Rika Widya Sukmana; Yeti Nurhayati
Jurnal Pengabdian Tri Bhakti Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Pengabdian Tri Bhakti
Publisher : Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36555/tribhakti.v1i1.1345

Abstract

Training of Science, Technology, Engineering and Mathematics (STEM) approach, to improve professionalism for elementary school teachers at SDN Griya Bandung Indah (GBI), Bandung was conducted for community service. The target of the training is elementary school teachers in SDN Griya Bandung Indah (GBI), Bandung.. Problems are solved in three stages of activity, namely preparation, implementation and evaluation. Preparation is done by conducting a preliminary survey to see the conditions in the field regarding teachers’ professional development. Implementation is done by training, using lecture method that is with presentation technique, followed by practice of micro teaching about STEM. Evaluation of activities carried out for each stage by collecting and summarizing data from each stage of activity. The results of the training activities show the success rate with an indication of material conformity with the needs of SDN Griya Bandung Indah (GBI), Bandung teachers, positive responses from the participants, and most participants have understood the STEM approach.
Peningkatan Kemampuan Siswa dalam Memanfaatkan Sumber Belajar di Internet Melalui Sosialisasi Edukasi Internet Cerdas, Sehat, dan Aman Candra Zonyfar; Sihabudin Sihabudin; Ahmad Khusaeri
Jurnal Pengabdian Tri Bhakti Vol. 1 No. 1 (2019): Jurnal Pengabdian Tri Bhakti
Publisher : Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36555/tribhakti.v1i1.1349

Abstract

Pendidikan merupakan salah bidang yang merasakan perkembangan internet. Dunia Pendidikan dituntut untuk selalu menyesuaikan dengan perkembangan teknologi internet yang selalu berkembang khususnya dalam proses belajar mengajar.Teknologi informasi sudah mulai digunakan dilembaga pendidikan dalam rangka mendukung proses belajar mengajar baik sebagai media informasi atau sebagai alat pembelajaran. Lembaga Pendidikan berusaha untuk selalu menerapkan sistem teknologi internet di setiap pembelajaran yang berada di lingkungan Pendidikan. Dengan pemanfaatan teknologi, dapat meningkatkan performa, ketercapaian kompetensi dan memahami apa yang dipelajari oleh siswa dengan menggunakan rancangan pembelajaran yang baik dan keatif. Dalam pengabdian ini kami memberikan sosialisasi dan edukasi kepada siswa SMAN 1 Telukjambe mengenai Internet cerdas, sehat dan aman. Dari kegiatan yang telah dilaksanakan hasil evaluuasi menunjukan 35% dan 60% peserta mengatakan setuju dan sangat setuju secara berturut-turut bahwa sosialisasi ini bermanfaat bagi kegiatan pembelajaran.
Pemberdayaan Masyarakat Desa Bumiwangi dalam Promosi Pengembangan Kawasan Wisata Bukit Cula Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung Nantia Rena Dewi Munggaran; Rodhiyat Fajar Salim
Jurnal Pengabdian Tri Bhakti Vol. 2 No. 1 (2020): Jurnal Pengabdian Tri Bhakti
Publisher : Lembaga Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Langlangbuana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36555/tribhakti.v2i1.1351

Abstract

Desa Bumiwangi merupakan desa pemekaran yang sebelumnya tergabung ke Desa Ciheulang berada di Kecamatan Ciparay Kabupaten Bandung. Sebagai desa yang relatif masih muda, belum banyak capaian yang diraih oleh desa ini. Karenanya kepala desa mempunyai misi salah satunya untuk menggali potensi dan sumber pendapatan baru yang dapat dikembangakan guna meningkatkan pendapatan asli daerah. Salah satu upayanya adalah dengan menjadikan desa yang sebelumnya jarang dikunjungi orang menjadi desa wisata. Pemerintah Desa sudah membuat site plan dan mulai membangun berbagai infrastuktur untuk mewujudkan kawasan Bukit Cula Desa Bumiwangi sebagai kawasan wisata desa. Beberapa kali pula Desa Bumiwangi mengadakan festival seni budaya sebagai daya pikat masyarakat luar untuk berkunjung ke wilayah tersebut, namun gaungnya masih belum terasa dan masyarakat luar masih belum terpapar informasi dari berbagai kegiatan yang dilaksanakan. Dari permasalahan tersebut, dibutuhkan publikasi di media massa serta media promosi lainnya. Cara yang dirasa cukup efektif dan tidak memakan biaya yang tinggi adalah dengan pemanfaatan media teknologi komunikasi informasi, seperti mengaktifkan website desa serta menginformasikan desa wisata ini melalui media sosial oleh masyarakat. Untuk itu diperlukan adanya pelatihan dan pendampingan secara komprehensif bagaimana membina hubungan yang baik dengan media massa (media relations), serta bagaimana cara mendesain pesan yang baik dan membuat liputan kegiatan yang nantinya akan disebarkan melalui media digital yang telah ada. Kegiatan ini menghasilkan 4 liputan di koran online, website resmi desa, serta konten warga tentang bukit cula di media social seperti instagram, youtube, facebook, dan twitter.