Psikopedagogia
Vol 2, No 1: June 2013

Efektivitas Teknik Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Konsep Diri Remaja (Studi Pre-Eksperimen Pada Siswa Kelas X SMK Yapema Gadingrejo Lampung)

Irawan, Edy ( Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta, Indoensia)



Article Info

Publish Date
01 Jun 2013

Abstract

Efektifitas teknik bimbingan kelompok untuk meningkatkan konsep diri remaja. Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran konsep diri siswa dan keefektifan teknik bimbingan dan konseling kelompok dalam menigkatkan konsep diri remaja. Penelitian dilaksanakan di  SMK Yapema Gadingrejo Lampung, dan yang menjadi subyek penelitian adalah  siswa kelas X sebanyak 10 siswa yang memiliki konsep diri rendah atau negatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pre-experimental design tanpa kelompok kontrol, Adapun desain pre-eksperimntal adalah pre-test dan post-test. Penelitian menggunakan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, sedangkan data kuantitatif dianalisis non-parameterik dengan uji Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan konsep diri dengan menggunakan teknik bimbingan konseling kelompok, hal ini dibuktikan dengan terjadinya perubahan yang signifikan pada diri siswa yang memiliki konsep diri negatif/rendah mengarah pada perubahan konsep diri positif.Kata kunci : Bimbingan Kelompok, Konsep Diri Remaja

Copyrights © 2013