Jurnal manajemen informasi kesehatan
Vol. 5 No. 2 (2020)

Analisis Lama Waktu Tunggu Pelayanan Pasien Rawat Jalan di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit TK IV 02.07.01 Zainul Arifin Tahun 2020

Marlin Sutrisna (Universitas Dehasen)



Article Info

Publish Date
10 Mar 2021

Abstract

Waktu tunggu adalah waktu yang dipergunakan oleh pasien untuk mendapatkan pelayananrawat jalan dari tempat pendaftaran sampai masuk ke ruang pemeriksaan dokter. Tujuanpenelitian ini adalah Untuk mengetahui waktu tunggu pasien di poliklinik penyakit dalamterhadap pelayanan rekam medis di rumah sakit TK IV 02.07.01 Zainul Arifin Bengkulu.Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Populasi penelitian adalah 140 berkasrekam medis di rumah sakit TK IV 02.07.01 Zainul Arifin Bengkulu, dengan tehnikpengambilan sampel total sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi langsung.Analisis secara univariat. Hasil analisis univariat menunjukkan tentang lama waktu tunggudikategorikan lama yaitu 18 menit dari 42 berkas pasien (71,5%), dikategorikan cepat 7menit (28,5%). Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, lama waktu tunggu pelayanan pasiendikategorikan lama . untuk mengurangi lama waktu tunggu, seharusnya pihak rumah sakitlebih memperhatikan tentang lama waktu tunggu pelayanan, sebaiknya di pendaftaran rawatjalan menggunakan sistim komputerisasi maka akan memperlancar pelaksanaan kegiatansehingga berakibat pada waktu tunggu pasien menjadi lebih cepat.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jmis

Publisher

Subject

Public Health

Description

JURNAL MANAJEMEN INFORMASI KESEHATAN is a journal that provides scientific writings for the exchange of ideas on theory, methodology and innovation related to the world of health, especially the scope of Medical Records and Health ...