Journal of Student Research
Vol 1 No 6 (2023): November: Journal of Student Research

ANALISIS KEBERLANJUTAN USAHA HOME INDUSTRY DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA (Studi kasus Usaha tempe Mbah Sibo Desa Bunga Tanjung Nipah Panjang)

Ayu Gusniasari (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Elyanti Rosmanidar (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)
Bella Arisha (UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi)



Article Info

Publish Date
24 Oct 2023

Abstract

Penelitian menggunakan data primer yang dikumpulkan lewat observasi dan wawancara. Teknik analisis dilakukan secara kualitatif (fild research), Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan mengenai analisi keberlanjutan usaha usaha tempe Mbah Sibo Desa Bunga Tanjung Nipah Panjang, maka dapat di tarik kesimpulan bahwa: Permodalana yang dilakukan oleh usaha tempe Mbah Sibo Modal yang digunakan oleh Mbah Sibo dalam menjalankan usahanya yaitu menggunakan modal sendiri, tanpa melibatkan instansi-instansi kepemerintahan baik desa ataupun kelurahan Jaringan bisnis yang dilakukan oleh usaha tempe Mbah Sibo. jaringan usaha tempe Mbah Sibo dibentuk mulai dari lingkungan rumah seperti, kumpulan arisan, kumpulan ibu-ibu PKK atau kumpulan pengajian, hal ini bisa di mulai dari perkumpulan orang tua, murid atau jaringan online dan lain sebagainya. Strategi Pemasaran yang dilakukan oleh Mbah Sibo. Bauran pemasaran terdapat seperangkat alat pemasaran yang terbagi menjadi: 1. Stratregi produk terdiri dari atribut produk, pemberian merek, pengemasan produk. 2. strategi harga. 3. Saluran distribusi 4. strategi promosi. 5. strategi pemasaran tempe terdiri dari empat kelompok alternatif strategi yang akan dilakukan adalah terdiri dari kekuatan: 1). Mempertahankan mutu produk, agar konsumen tetap memilih produk 2). Mempertahankan pasar yang sudah ada dan mencari pasar yang baru. Kelemahan: 1). Jumlah produk yang terbatas menyebabkan masyarakat sekitar Ketika membeli tempe sering kehabisan. 2). Mencari alternatif saluran pemasaran 3). Meningkatkan kesempatan promosi yang ada. Ancaman: 1). Meningkatkan perluasan pasar untuk daerah yang belum terlayani. Peluang: 1). Melakukan penambahan modal agar dapat melakukan produksi lebih banyak lagi. 2). Memperluas jangkauan pemasaran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jsr

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Public Health Social Sciences

Description

Ilmu Sosial Humaniora, Pertanian, Kesehatan, Peternakan, perikanan, Politik, Pendidikan, Ilmu Teknik, Teknik Elektro dan Informatika, Desain Komunikasi Visual, Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi, Kewirausahaan dan ...