cover
Contact Name
Ahmad Ashifuddin Aqham
Contact Email
ahmad.ashifuddin@gmail.com
Phone
+6285726173515
Journal Mail Official
imas@stie-trianandra.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LPPM) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra Jl. Diponegoro No.69, Dusun I, Wirogunan, Kec. Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57166 ; Email : lppm@stie-trianandra.ac.id
Location
Kota adm. jakarta timur,
Dki jakarta
INDONESIA
Journal of Student Research
ISSN : 29639859     EISSN : 29639697     DOI : 10.55606
Ilmu Sosial Humaniora, Pertanian, Kesehatan, Peternakan, perikanan, Politik, Pendidikan, Ilmu Teknik, Teknik Elektro dan Informatika, Desain Komunikasi Visual, Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi, Kewirausahaan dan Bisnis.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 208 Documents
PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT Ani Satul Inajati
Journal of Student Research Vol 1 No 1 (2023): Januari: Journal of Student Research
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1060.004 KB) | DOI: 10.55606/jsr.v1i1.926

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menganalisis tentang upaya meningkatkan pemahaman konsep siswa melalui metode model pembelajaran Teams Games Tournament. Berdasarkan latar belakang masalah yaitu adanya kejenuhan atau kurang semangat belajar, hasil ulangan harian siswa masih di bawah standar KKM dan kurangnya media belajar dan metode yang kurang menarik dalam proses pembelajaran. Hasil analisis terhadap sejumlah artikel menunjukkan bahwa pembelajaran model Teams games Tournament ini dapat memberikan implikasi bagi guru untuk menjadikan metode ini sebagai alternatif pilihan dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa
INTRODUCTION TO GLOBAL MARKETING ( PENGANTAR PEMASARAN GLOBAL ) Suhairi Suhairi; Muslimatul Husnah; Indah Wulansari Batubara; Ahmad Ihsan Fiqih Siregar; Sophia Rahmadhani
Journal of Student Research Vol 1 No 1 (2023): Januari: Journal of Student Research
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (109.897 KB) | DOI: 10.55606/jsr.v1i1.927

Abstract

The development of technology, information and communication resulted in the globalization of the world which took place quickly and dynamically. Globalization brings changes in various everyday issues such as social, monetary, and cultural. Especially in the economic field which has major consequences for changes in the governance of business cooperation and competition as well as the duties of governments in various parts of the world. Therefore, this requires business people to continue to innovate in the face of increasingly fierce competition, because competition does not only come from local business competition but has penetrated world associations. The components that drive this paper are to analyze and find out the understanding and what are the scopes faced by business people in entering the world of global marketing, which is to help the world export and import between countries. This study uses a qualitative descriptive method, the method used in writing this scientific work is to use the library study method. Where researchers look for discussion material from the internet and books obtained from the official website and other supporting documents. Through this research, it is hoped that problems or obstacles from the marketing strategy used and alternative solutions to existing problems can be identified to achieve a better performance improvement.
Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar PAI Pada Siswa di X IPS 1 Semester I di SMAN 1 Tulungagung Tahun Pelajaran 2021/2022 Ruly Budiyanto
Journal of Student Research Vol 1 No 1 (2023): Januari: Journal of Student Research
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (200.268 KB) | DOI: 10.55606/jsr.v1i1.929

Abstract

Pembelajaran berbasis masalah terdiri dari menyajikan kepada siswa situasi masalah yang autentik dan bermakna yang dapat memberikan kemudahan kepada mereka untuk melakukan penyelidikan dan inkuiri Mereka diberi kebebasan dalam menyelesaikan berbagai tugas tersebut, namun harus bertanggung jawab akan kebersihan setiap anggota kelompoknya dalam memahami informasi yang diberikan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan: Untuk mengetahui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dalam meningkatkan Prestasi Belajar PAI Pada Siswa di X IPS 1 Semester I di SMAN 1 Tulungagung Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode yang dipakai untuk melakukan penelitian adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Prosedur pengumpulan datanya adalah metode tes dan observasi. Dari metode observasi diperoleh data untuk mengamati sejauhmana penerapan model pembelajaran berbasis masalah dan interaksi antara guru dan siswa selama pembelajaran berlangsung sebagaimana ditetapkan selama penelitian. Dari metode tes diperoleh data yang berupa nilai belajar siswa yang untuk selanjutnya digunakan untuk pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini adalah dapat dilihat dari hasil observasi bahwa aktifitas siswa pada siklus I sebesar 78%, sedangkan pada siklus II sebesar 81%. Dengan demikian, berarti pada siklus II minat belajar siswa sudah meningkat dibanding dengan siklus I. Peningkatan tersebut juga tampak pada prestasi belajar siswa dari hasil tes awal 49.2 menjadi meningkat menjadi 74.48 pada siklus I dan 92 pada siklus II. Dengan demikian hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) dapat meningkatkan prestasi belajar khususnya analisis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sehingga penerapan pembelajaran ini dapat digunakan sebagai variasi dalam pembelajaran PAI.
PERFORMANCE ENGLISH TEST IN SCHOOL EXAMINATION IN INDONESIA: IS IT STUDENT`S NEED? Leny Hikmah Rentiana
Journal of Student Research Vol 1 No 1 (2023): Januari: Journal of Student Research
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (122.507 KB) | DOI: 10.55606/jsr.v1i1.931

Abstract

The purpose of this study was to investigate the performance English test in school examination in Indonesia education system through students’ perception. The school examination is a test to determine whether students can pass and continue to higher education. The goal held in the school Examination English test is a measure of success or failure of students in academic performance. research describe is closely related to the performance of 3rd graders of senior high school in performing English test in the school examination. Overall the students showed their performance in the English language test of school examination according to their intellectual ability. It consists of 15 students (4 males and 11 females) at Annida Al Islamy Junior High School who were passed school examination in 2021-2022 academic years. The participants were selected through convenient (availability) sampling procedure. This study was designed as qualitative study. In collecting the data, the writer used online questionnaire to identify students’ perception on English school examination in Indonesia education system. The findings show that the writers get some students’ perception on performance English test in school examination of school students in three aspects. They are psychologies and social domain, behaviour domain, and cognitive domain. In psychologies and social domain showed 13% the participants disagree, 54% the participants agree, and 33% the participants strongly agree that performance English test in school examination is able to measure ability in writing. There are 80% the participants also agree and 20% the participants strongly agree that performance English test in the texts of monologue such as narrative, recount, descriptive, report are very important as a student.
THE EFFECTIVENESS OF USING SCRABBLE GAME IN MASTERING ENGLISH VOCABULARY Fitriya Fitriya; Maskhurin Fajarina
Journal of Student Research Vol 1 No 1 (2023): Januari: Journal of Student Research
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (121.234 KB) | DOI: 10.55606/jsr.v1i1.932

Abstract

This research aims to determine the effectiveness of using scrabble game in students’ vocabulary mastery in seventh grade of junior high school. The study was carried out at SMPN 1 Gudo Jombang. Pre-experimental research techniques and a quantitative research design were used in this study. A one-group pretest-posttest design was adopted by the researcher. Thirty students from class VII-H of SMPN 1 Gudo made up the sample for this study. Tests were utilized by the researcher to gather data. The findings of this study suggest that playing scrabble can help students learn more vocabulary. The significant value obtained from the data analysis utilizing the paired sample t-test and normality test in SPSS version 25 statistics supports this. From normality test a significance result of 0.106 > 0.05, indicating that the data are normal. The paired sample t-test additionally displays a significance value of 0.000 0.05, indicating that the alternative hypothesis (Ha) is accepted and the null hypothesis (H0) is rejected. Given that the scrabble game has a considerable impact on students' vocabulary knowledge, it is advised that it be used to help students learn vocabulary.
Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran Aisyah Fadilah; Kiki Rizki Nurzakiyah; Nasywa Atha Kanya; Sulis Putri Hidayat; Usep Setiawan
Journal of Student Research Vol 1 No 2 (2023): Maret : Journal of Student Research
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (145.491 KB) | DOI: 10.55606/jsr.v1i2.938

Abstract

In this day and age, the use of media is very helpful for educators in a certain learning or training, namely as a tool to facilitate the implementation of teaching and learning, which is expected to run effectively to achieve predetermined learning goals. Meanwhile, the purpose of its use is to make it easier for educators to convey information on learning materials that will be conveyed so that they are easy to understand and understand making it interesting to use media for students to be happier in the learning process. So media is an instrument or tool to deliver learning material so that students are able to understand what is conveyed using media tools such as markers, package books or reading, whiteboards, including teachers and the environment is also a medium for implementing information delivery. In learning media, there are media used by teachers, namely visual (media with delivery using something that can be seen by the sense of sight), audio-visual (media with elements of conveying information using sound also contains an element of image, such as video), audio (information delivery using voice messages or closely related to the sense of hearing). Along with the advancement of media technology, it has a variety of tools that make it easier for teachers to learn using current technology media such as: cellphones, computers, laptops, and other applications that are used to obtain other sources of information.
MENINGKATAN KECERDASAN BAHASA PADA ANAK USIA DINI MELALUI METODE STORY TELLING DI RA NURUL ANWAR Abdullah Syafi’i; Septi Gumiandari
Journal of Student Research Vol 1 No 1 (2023): Januari: Journal of Student Research
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1088 KB) | DOI: 10.55606/jsr.v1i1.942

Abstract

Bahasa adalah alat komunikasi untuk menyampaikan maksud atau tujuan dalam hal ini kemajuan bangsa mungkin sangat penting dalam memimpin perkembangan yang lainnya khususnya untuk anak-anak usia dini yang memang masih perlu dilatih. Dalam penelitian ini bertujuan agar mengetahui media story telling ini dapat meningkatkan kecerdasan bahasa khusunya pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu dengan mengumpulkan analisis data dan fakta lapangan dengan mewawancarai narasumber yang melibatkan guru taman kanak-kanak. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwasannya media story telling dapat meningkatkan kecerdasan bahasa pada anak usia dini, namun tidak luput dari kreatifitas guru itu sendiri dalam penyampaian pembelajaran dalam media ini.
EVALUASI MEDIA PEMBELAJARAN Elsa Kaniawati; Meisya Edlina Mardani; Shania Nada Lestari; Ulan Nurmilah; Usep Setiawan
Journal of Student Research Vol 1 No 2 (2023): Maret : Journal of Student Research
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (691.402 KB) | DOI: 10.55606/jsr.v1i2.954

Abstract

Evaluasi merupakan bagian penting dalam pengembangan media pembelajaran. Apapun jenis media yang dikembangkan perlu di evaluasi dan di nilai terlebih dahulu sebelum dimanfaatkan secara luas. Jadi maksud dari pada evaluasi tersebut untuk mengetahui apakah media pembelajaran yang dikembangkan tersebut dapat mecapai tujuan pembelajaran yang sudah ditetapkan. Hal ini dikarena banyak orang yang berpendapat bahwa sekali mereka membuat media pembelajaran maka searatus persen ditangung baik. Oleh karena itu rumusan masalah secara singkat dari pada kajian ini adalah bagaiamana evaluasi media pembelajaran Mengacu pada permasalahn diatas, kajian ini di maksudkan untuk memperoleh gambaran tentang evaluasi media pembelajaran sebagai saran dan prasana pembelajaran yang berkualitas. Metode deskriptif di definisikan sebagai metode yang digunakan untuk menggambar atau menganalisis sesuatu mengenai situasi atau kejadian yang ada.(Sugiyono,2021) Evaluasi merupakan kegiatan pengumpulan kenyataan mengenai proses pembelajaran secara sistematis untuk menetapkan apakah terjadi perubahan terhadap peserta didik dan sejauh mana perubahan tersebut mempengaruhi kehidupan peserta didik. Adapun dalam proses evaluasi media pembelajaran di ukur dari dua aspek, yaitu Sistem pembelajaran hasil peserta didik di buktikan secara empiris Keberhasilan dan kefektifan proses belajar menunjukan bukti banyaknya sumbangan media atau media program. Tujuan evaluasi media pembelajaran adalah untuk memilih media pembelajaran yang akan dipergunakan dikelas, untuk melihat prosedur penggunaan media, untuk memeriksa apakah tujuan penggunaan media tersebut telah tercapai, menilai kemampuan guru menggunakan media, memberikan informasi untuk kepentingan administrasi dan untuk memperbaiki media itu sendiri. ditentukanEvaluasi media pembelajaran adalah tahapan yang digunakan dalam proses pembelajaran sebagai bentuk komunikasi baik secara visual maupun audio visual. Dan upaya peningkatan pembelajaran yang efektif. Adapun dalam evaluasi pembelajaran ini memilik beberapa fungsi sebagaimana fungsi ini adalah bentuk peranan media dalam pembelajaran diantara nya yaitu : Selain memiliki fungsi media pembelajaran juga memiliki Tujuan evaluasi media pembelajaran adalah untuk memilih media pembelajaran yang akan dipergunakan dikelas, untuk melihat prosedur penggunaan media, untuk memeriksa apakah tujuan penggunaan media tersebut telah tercapai, menilai kemampuan guru menggunakan media, memberikan informasi untuk kepentingan administrasi dan untuk memperbaiki media itu sendiri. Prosedur evaluasi media pembelajaran adalah suatu proses yang dilakukan terhadap media pembelajaran berdasarkan tahapan-tahapan yang telah ditentukan dalam evaluasi sumatif dan formatif.
Konseling Kelompok Dengan Teknik Berfokus Pada Solusi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di Mts Al-Uswah Kuala Serla Andrianti; Nefi Darmayanti; Mohammad Al-Farabi
Journal of Student Research Vol 1 No 1 (2023): Januari: Journal of Student Research
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (238.758 KB) | DOI: 10.55606/jsr.v1i1.955

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk megetahui pelaksanaan konseling kelompok dengan teknik berfokus pada solusi untuk meningkatkan motivasi belajar siswa di MTs Al-Uswah Kuala. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 MTs Al-Uswah Kuala yang berjumlah 8 orang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Bimbingan Konseling (PTBK) dengan dua siklus. Instrumen yang digunakan adalah angket tentang motivasi belajar. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi tes, dan observasi. Hasil instrumen angket yang diberikan sebelum dilakukan tindakan sebesar 13% dengan kategori motivasi belajar masih rendah setelah diberikan tindakan pada siklus I hasil yang diperoleh yaitu 63% dan pada siklus ke II terjadi peningkatan menjadi 88%. Jadi hasil peningkatan yang dilakukan dari siklus I ke siklus II sebesar 25%, dengan kriteria berhasil dan sudah mencapai dari target yang teleh ditetapkan yaitu 75%. Artinya bahwa siswa yang diberikan layanan konseling kelompok berfokus solusi mengalami peningkatan motivasi belajar.
Analisis Kebutuhan Pengembangan Metode Pembelajaran Matematika bagi Siswa Sekolah Dasar PIPIT IRAWATI
Journal of Student Research Vol 1 No 2 (2023): Maret : Journal of Student Research
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Trianandra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (784.709 KB) | DOI: 10.55606/jsr.v1i2.956

Abstract

Untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar Matematika di Sekolah Dasar dibutuhkan analisis kebutuhan awal pengembangan pembelajaran Matematika. Tujuan dari penelitian ini bertujuan menciptakan desain pembelajaran yang menyenangkan di Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan instrumen penelitian berupa pengamatan,angket, dan wawancara. Berdasarkan hasil analisis data instrument awal diketahui bahwa motivasi dan hasil belajar Matematika di SD Gugus Pucang Harapan pada pembelajaran Matematika masih rendah. Nilai rata-rata motivasi belajar siswa hanya sebesar 61 dengan tertinggi yaitu 85 dan nilai terendah yaitu 45. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa yaitu 43,9 dengan katagori rendah sedangkan nilai tertingginya yaitu 85 dan nilai terendahnya yaitu 45. Hasil belajar pada pembelajaran Matematika masih rendah disebabkan oleh banyaknya hapalan rumus, kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung pembelajaran, orang tua menggangap Matematika pelajaran penting daripada pelajaran lain sehingga nilai anak harus bagus itu menjadi beban bagi anak, serta anak kurang memahami pembelajaran Matematika karena banyaknya materi yang diberikan. Analisis awal kebutuhan pengembangan metode pembelajaran Matematika dapat digunakan untuk penelitian selanjutnya sehingga hasil pembelajaran Matematika di Sekolah dasar dapat meningkat.

Page 1 of 21 | Total Record : 208