KUMARA CENDEKIA
Vol 11, No 3 (2023): Kumara Cendekia

KEEFEKTIFAN PERMAINAN BONEKA JARI UNTUK CETAK TEBAL MENINGKATKAN KETERAMPILAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN

Ngatinah Ngatinah (Universitas Ngudi Waluyo)
Swantyka Ilham Prahesti (Universitas Ngudi Waluyo)



Article Info

Publish Date
16 Oct 2023

Abstract

Bahasa merupakan alat yang sangat penting ,karena dengan bahasa anak dapat menyampaikan pemikirannya kepada orang lain. Berbahasa yang baik perlu diajarkan sejak dini, karena pada usia dini adalah masa di mana informasi mudah ditangkap dan disimpan dalam memori.  Tujuan peneliti ini untuk menganalisis keefetifan permainan boneka jari untuk meningkatkan keterampilan bahasa anak usia 4-5 tahun. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimental metode dalam penelitian ini  Pre Experimental Design yaitu One Group pretest-Posttest Design. Sampel penelitian terdiri dari 60 anak di Paud IT Imam Asy Syafi’i. Teknik penggalian data dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan tes. Teknik analisis data meliputi uji normalitas, homogenitas, uji Independent Sample T-Test, Uji Mann-Whitney U Test. Hasil penelitian bahwa: uji t post-test diketahui rata-rata hasil belajar kelas eksperimen 21,766 dan dan kelas kontrol sebesar 19,466, sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata keterampilan bahasa kelas eksperimen lebih lebih besar dibandingkan dengan kelas kontrol.  Nilai t hitung > t tabel (5,452 > 1,652) dan nilai signifikansinya kurang dari 0,05 (p = 0,000 < 0,05). sehingga diambi kesimpulan terdapat perbedaan skor keterampilan bahasa anak secara signifikan pada kelas eksperimen yang menggunakan media boneka jari dan kontrol yang menggunakan metode konvensional dalam upaya meningkatkan keterampilan bahasa anak.Keefektifan permainan boneka jari untuk meningkatkan keterampilan bahasa anak 4-5 dapat digunakan di Paud Islam Terpadu Imam Syafi’i Kebondalem Kec Jambu Semarang.

Copyrights © 2023