Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol 3, No 2 (2023)

Model Project-Based Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Kegiatan Lesson Study

Nova Kartikasari (Program studi Pendidikan Profesi Guru Universitas Hamzanwadi)
Saiful Rahman (SMA Negeri 1 Labuhan Haji)
Shahibul Ahyan (Program Studi Pendidikan Matematika)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model projectbased learning melalui kegiatan lesson study. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan  diperoleh terjadi peningkatan kategori keaktifan siswa yakni pada siklus I berkategori aktif dan pada siklus II menjadi sangat aktif. Selain itu terjadi pula peningkatan hasil belajar yang ditinjau dari ketuntasan klasikal yakni pada siklus I  67% dan siklus II 79%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model project-based learning melalui kegiatan lesson study  dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa.Kata kunci : Hasil belajar, aktivitas belajar, project based learning, lesson study

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

plusminus

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2798-2904 & e-ISSN: 2798-2798) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan. Penulis dapat berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, ...