Gunung Djati Conference Series
Vol. 30 (2023): Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi ke-4 Tahun 2023

APLIKASI PLANTNET PLANT IDENTIFICATION DAPAT MENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS PADA KELAS X MIPA

Misfahul Faridloh (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Sri Hartati (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Epa Paujiah (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2023

Abstract

. Penggunaan aplikasi pada proses pembelajaran masih jarang dilakukan karena dianggap tidak efektif karena siswa lebih banyak menghabiskan waktu dengan ponselnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Aplikasi PlantNet Plant Identification dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa. Metode yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan pendekatan kuantitatif dengan Teknik purposive sampling. Hasil penelitian bermanfaat untuk menjadi tolak ukur proses pembelajaran agar lebih baik, serta penggunaan teknologi dalam proses pembelajaran sangat membantu siswa menjadi lebih aktif. Data diperoleh melalui tes keterampilan proses sains yang berbentuk pilihan ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor N- Gain yang didapatkan yaitu sebesar 0,53 dengan kategori sedang. Data yang dihasilkan pada penelitian bersifat berdistribusi tidak normal dan homogen, sehingga dilakukan uji Nonparametric Mann Whitney dan menghasilkan nilai signifikansi sebesar 0,026. Nilai tersebut kurang dari taraf signifikansi 0,026 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa aplikasi PlanNet Plant Identification dapat meningkatkan keterampilan proses sains pada siswa kelas X MIPA.

Copyrights © 2023