CAKRAWALA
Vol 17, No 1: Juni 2023

Evaluasi Dampak Kebijakan Program Pembangunan Gedung Sekolah Oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya

Ratih Nuksmengtyas (Dinas Pendidikan Pemerintah Kota Surabaya)
Bambang Kusbandrijo (Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2023

Abstract

Evaluasi kebijakan meliputi perumusan masalah-masalah kebijakan, program-program yang diusulkan untuk menyelesaikan masalah kebijakan, implementasi, maupun dampak kebijakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan program pembangunan gedung sekolah oleh Dinas Pendidikan Kota Surabaya, kemudian mengidentifikasi dampak apa saja yang timbul serta merumuskan strategi kebijakan untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi dengan menggunakan paradigma kualitatif dengan jenis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat masalah dalam pelaksanaan pembangunan gedung sekolah oleh Dinas Pendidikan yang meliputi permasalahan struktur kelembagaan, sumber daya (manusia, material, mesin, anggaran/money, metode), kesesuaian peraturan, inovasi serta keberlanjutan. Sedangkan dampak yang terjadi dapat bersifat individual, organisasional maupun sekolah. Upaya dalam mengatasi permasalahan dan dampak tersebut adalah dengan melakukan strategi kebijakan berupa perbaikan struktur kelembagaan, pemenuhan sumber daya, penganggaran pembangunan gedung sekolah secara tepat, analisis beban kerja yang lebih cermat serta penyusunan perencanaan serta rencana aksi program pembangunan gedung sekolah, baik jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang yang dikomunikasikan secara intens antara pihak sekolah, Dinas Pendidikan dan pihak swasta.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cakrawala

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Cakrawala is published twice a year in June and December. This journal encompasses original research articles, review articles, and short communications, including: 1. Government Issue 2. Ecomonic and Financial 3. Natural Resource and Technology, 4. Social ...