Tabayyun
Vol 2 No 01 (2021): Tabayyun : Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam

PERKEMBANGAN PENDIDIKAN DALAM PERSPEKTIF ALIRAN-ALIRAN FILSAFAT PENDIDIKAN PROGRESIVISME DAN ESENSIALISME

Helnafri Ankesa (Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah dan Komunikasi Islam Bogor)



Article Info

Publish Date
23 Nov 2021

Abstract

Progresivisme ditampilkan sebagai aliran filsafat pendidikan yang dapat digunakan sebagai basis epistimologi bagi pengembangan pendidikan partisipasif, setidaknya ada beberapa alasan. Pertama, ia kurang menyetujui adanya pendidikan yang bercorak otoriter, baik yang timbul pada zaman dahulu maupun pada zaman sekarang. Kedua, inti perhatiannya pada kemajuan atau progress. Ilmu pengetahuan yang mampu menumbuhkan kemajuan dipandang oleh progresivisme merupakan bagian utama dari kebudayaan. Ketiga, pengalaman adalah ciri dinamika hidup. Keempat, Progresivisme tidak cukup hanya mengakui ide-ide, teori-teori, atau cita-cita sebagai hal yang ada, tetapi yang ada itu harus dicari artinya bagi suatu kemajuan atau maksud-maksud baik yang lain. Kelima, progresivisme mengharuskan manusia dapat memfungsikan jiwanya untuk membina hidup yang mempunyai banyak persoalan yang silih berganti.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

tabayyun

Publisher

Subject

Religion Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Tabayyun adalah jurnal Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Dakwah Dan Komunikasi Islam Bogor. Jurnal ini akan diterbitkan sebagai media dalam pengembangan ilmu dakwah dan komunikasi yang belakangan ini sudah mulai semakin menggeliat dan juga sebagai ...