Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 1 No 1: April (2023)

META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH DASAR

Muhamad Sanusi Damau (SD 88 Kendari)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif STAD terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Dasar dalam beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode meta analisis. Penulis merangkum dan menganalisis data secara sistematik hasil penelitian tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Dasar yang populasi dan sampelnya diambil dari jurnal sebelumnya pada basis data google scholar atau google cendekia. Secara deskriptif menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran dari rata-rata 72.331 menjadi 83.635. Terdapat perbedaan secara signifikan data pretes dan postes. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran tipe STAD terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SD. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan perbedaan hasil penelitian, yaitu seperti tingkat kefokusan siswa saat mengerjakan tes dan peneliti yang berbeda serta posisi atau letak sekolah yang berbeda.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

DIJPAI

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam (DIJPAI) adalah sebuah lembaga jurnal yang merupakan wadah/rumah yang berisi ilmu. Sesuai dengan namanya, Dalam Bahasa Arab makna kata Darul berarti Rumah dan Ilmi berarti Ilmu, sehingga Makna Darul Ilmi adalah Rumah Ilmu. Darul Ilmi menerbitkan Karya ilmiah ...