cover
Contact Name
Waode Nurmuhaemin
Contact Email
jurnalkanwil@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalkanwil@gmail.com
Editorial Address
Jl. Jend. A. Yani No. 6, Wua-Wua, Pondambea, Kec. Kendari, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara 93117
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam
ISSN : -     EISSN : 29879000     DOI : -
Core Subject : Religion, Education,
Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam (DIJPAI) adalah sebuah lembaga jurnal yang merupakan wadah/rumah yang berisi ilmu. Sesuai dengan namanya, Dalam Bahasa Arab makna kata Darul berarti Rumah dan Ilmi berarti Ilmu, sehingga Makna Darul Ilmi adalah Rumah Ilmu. Darul Ilmi menerbitkan Karya ilmiah hasil penelitian berkaitan Pendidikan Agama Islam. Lebih lanjut bahwa Darul Ilmi merupakan lembaga Ilmiah yang menerbitkan artikel-artikel hasil-hasil penelitian kontemporer, kajian literatur, review buku pada bidang ilmu Pendidikan, pendidikan agama islam, pembelajaran, model pembelajaran pendidikan agama islam. Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam (DIJPAI) terbit 2 (dua) kali dalam setahun yaitu bulan April dan Oktober.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 13 Documents
META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SEKOLAH DASAR Muhamad Sanusi Damau
Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol 1 No 1: April (2023)
Publisher : Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sultra Bekerjasama Dengan MGMP dan KKG PAI Sultra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif STAD terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Dasar dalam beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode meta analisis. Penulis merangkum dan menganalisis data secara sistematik hasil penelitian tentang pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa Sekolah Dasar yang populasi dan sampelnya diambil dari jurnal sebelumnya pada basis data google scholar atau google cendekia. Secara deskriptif menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran dari rata-rata 72.331 menjadi 83.635. Terdapat perbedaan secara signifikan data pretes dan postes. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran tipe STAD terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SD. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan perbedaan hasil penelitian, yaitu seperti tingkat kefokusan siswa saat mengerjakan tes dan peneliti yang berbeda serta posisi atau letak sekolah yang berbeda.
META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA SMP Subhan Atto
Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol 1 No 1: April (2023)
Publisher : Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sultra Bekerjasama Dengan MGMP dan KKG PAI Sultra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh model pembelajaran kooperatif jigsaw terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP dalam beberapa hasil penelitian yang telah dilakukan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode meta analisis. Penulis mengkaji secara teratur hasil penelitian pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar Pendidikan agama islam siswa SMP, dimana populasi dan sampelnya diperoleh dari jurnal dan artikel sebelumnya yang diakses dari google scholar. Secara deskriptif menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran dari rata-rata hasil pretest 74.7545 dan rata-rata hasil postest 83.45138. Terdapat perbedaan secara signifikan data pretes dan postes. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran tipe jigsaw terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP. Model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar meski dengan hasil yang berbeda. Perbedaan hasil tersebut dapat dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya peneliti yang berbeda.
META ANALISIS PENGARUH MODEL INQUIRY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP Nursani
Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol 1 No 1: April (2023)
Publisher : Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sultra Bekerjasama Dengan MGMP dan KKG PAI Sultra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam model inquiry learning dengan cara menganalisis kembali. Metode dalam penelitian ini menggunakan meta analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan merumuskan masalah penelitian, menelusuri hasil penelitian yang relevan untuk dianalisis. Data dikumpulkan dengan menelusuri jurnal melalui Google Scholar dengan kata kunci “Inquiry Learning”. Peneliti memperoleh 10 artikel yang relevan dari penelusuran jurnal. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif. Model pembelajaran inquiry merupakan salah satu strategi dalam pembelajaran PAI yang bertujuan untuk membantu siswa secara aktif mengontruksi pengtahuan berdasarkan berpikir kritis. Penelitian ini dapat menjadi rujukan bagi pendidik bahwa pendekatan model Inquiry Learning sesuai dengan karakteristik siswa di tingkat sekolah menengah atas. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran dengan menggunakan Inquiry learning dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam mampu memberikan distribusi hasil positif pada keterampilan berpikir kritis siswa dalam belajar. Secara deskriptif menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran dari rata-rata 59,65 menjadi 87,78. Hasil uji beda diperoleh nilai sig. = 0,004 lebih kecil dari nilai α = 0,05 secara statistik berbeda dan terdapat peningkatan. Terdapat perbedaan secara signifikan data pretes dan postes. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Inquiry Learning terhadap hasil belajar siswa SMP.
META ANALISIS PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD Siti Hasrah
Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol 1 No 1: April (2023)
Publisher : Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sultra Bekerjasama Dengan MGMP dan KKG PAI Sultra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam siswa sekolah dasar melalui model problem based learning. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode meta analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan merumuskan masalah penelitian, menelusuri hasil penelitian yang relevan untuk dianalisis. Data dikumpulkan dengan menelusuri jurnal melalui Google Scholar dengan kata kunci “Problem Based Learning”. Peneliti memperoleh 10 artikel yang relevan dari penelusuran jurnal. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kauntitatif. Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan salah satu strategi yang menggunakan berbagai kemampuan berpikir dari peserta didik secara individu maupun kelompok serta lingkungan nyata untuk mengatasi permasalahan sehingga bermakna relevan dan kontekstual. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pendidikan Agama islam mampu memberikan distribusi positif pada pemecahan masalah siswa. Secara deskriptif menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran dari rata-rata 58,80 menjadi 79,06. Hasil uji beda diperoleh nilai sig. = 0,004 lebih kecil dari nilai α = 0,05 secara statistik berbeda dan terdapat peningkatan. Terdapat perbedaan secara signifikan data pretes dan postes.
META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP Marwan
Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol 1 No 1: April (2023)
Publisher : Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sultra Bekerjasama Dengan MGMP dan KKG PAI Sultra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Contextual teaching and learning (CTL) merupakan suatu model pembelajaran yang memberikan fasilitas kegiatan belajar siswa untuk mencari, mengelola dan menemukan pengalaman belajar yang lebih bersifat konkret dan mengaitkan dengan kehidupan nyata siswa. Sehingga penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan referensi terkait model pembelajaran yang dalam penerapannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa disekolah. Penelitian ini menggunakan meta analisis dengan perhitungan effect size. Pengumpulan data untuk penelitian ini dengan mengkaji serta menelusuri berbagai jurnal yang terkait dengan Contextual Teaching and Learning. Meta analisis yang digunakan bersifat kuantitatif karna menggunakan perhitungan angka. Dengan demikian, melalui pembelajaran CTL, siswa mampu memahami keterkaitan antar konsep serta peneapannya pada kehidupan. Data penelitian ini diperoleh dari jurnal yang relevan dengan pembelajaran CTL sebanyak sepuluh jurnal. Secara deskriptif menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran dari rata-rata 59,00 menjadi 79,00. Terdapat perbedaan secara signifikan data pretes dan postes. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa SD.
Evaluasi Program Penguatan Pendidikan Karakter Di SMP Negeri 13 Kota Kendari Sudirman
Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol 1 No 2: Oktober (2023)
Publisher : Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sultra Bekerjasama Dengan MGMP dan KKG PAI Sultra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji tentang evaluai program penguatan pendidikan karakter di SMP Negeri 13 Kota Kendari dengan menggunakan model evaluasi yang dikenal dengan model CSE-UCLA, terdiri atas 1) needs assessment, 2) program planning, 3) formative evaluation dan 4) summative evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, pengamatan dan studi dokumen. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis deskriptif yaitu dengan mendeskripsikan dan memaknai data dari masing-masing komponen yang dievaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Need assessment, aspek kebijakan menunjukan bahwa pelaksanaan program PPK telah memenuhi kriteria pelaksanaannya, karena disamping memenuhi semangat tujuan pendidikan nasional, keberadaan program tersebut juga sebagai bentuk antisipasi menghadapi pengaruh perkembangan Iptek. Pada aspek visi, misi dan tujuan PPK tidak dijelaskan secara rinci, namun secara eksplisit terdapat persamaan tujuan PPK dengan visi dan misi sekolah. Pelaksanaan PPK diharapkan dapat membentuk karakter religius, nasionalis, gotong royong dan integritas. (2) Program planning, tugas pokok yang dilakukan oleh guru dalam PPK, yang mencakup guru sebagai pembimbing, teladan, pelatih, pendidik, penggerak, dan motivator. Sehingga dalam program PPK tugas guru tidak hanya mengembangkan aspek kognitif pada siswa tetapi juga mengembangkan aspek afektif dan psikomotorik siswa. (3) Formative evaluaiton, terlihat bahwa sebagian besar guru mengalami kesulitan dalam mengintegrasikan PPK dalam pembelajaran, yang diakibatkan kurang linearnya materi pembelajaran (seperti pada mata pelajaran MIPA) dengan materi pendidikan karakter. Sementara itu jika ditinjau dari aspek sarana dan prasarana SMP Negeri 13 Kota Kendari memiliki fasilitas yang cukup memadai untuk pelaksanaan program PPK. (4) Summative evaluation, dari aspek ketercapaian tujuan, program PPK dinilai belum berhasil, sebab pada dasarnya tidak tampak perubahan yang berarti pada kaakter siswa. Selain itu, dalam pelaksanaanya sebagian besar guru juga tidak mampu mengintegrasikan program PPK dengan materi pelajaran yang diajarkan. Aspek lain yang menjadi tolak ukur belum berhasilnya program PPK adalah secara teoritis PPK mestinya penguatan pendidikan karakter diintegrasikan ke dalam 3 aspek yakni intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler. Namun dalam kenyataanya PPK lebih terlihat pada kegiatan ekstrakurikuler dibanding aspek intrakurikuler dan kokurikuler. Adapun aspek yang belum tercapai dalam program PPK adalah pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter melalui mata pelajaran khusus dan pelaksanaan program penguatan pendidikan karakter melalui gerakan literasi.
Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Dakwah Rasulullah Periode Madinah Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Chairunnisa
Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol 1 No 2: Oktober (2023)
Publisher : Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sultra Bekerjasama Dengan MGMP dan KKG PAI Sultra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang diadopsi dari Dick & Carey yang bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar interaktif yang menarik bagi siswa. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 4 Kendari dengan populasi sebanyak 420 siswa, penentuan sampel dilakukan dengan cara purposive untuk ahli media 2 orang, ahli materi 2 orang dan random sampling untuk siswa/pengguna 46 orang (evaluasi formatif), selanjutnya sebanyak 60 orang (evaluasi sumatif). Dari penelitian ini didapatkan hasil l) mengembangkan bahan ajar interaktif yang menarik bagi siswa dan bahan ajar cetak untuk mendukung pembelajaran sejarah dakwah Rasulullah periode Madinah. Bahan ajar interaktif yang telah dikembangkan dinilai sangat baik dan layak oleh ahli media dengan presentasi kelayakan sebesar 87.25% (uji coba l), ahli materi juga memberikan penilaian kelayakan sebesar 82.02% (uji coba 1), adapun siswa menilai kelayakan bahan ajar interaktif ini sebesar 84.7% (uji coba 1) dan 83.5% (uji coba 2). 2) Bahan ajar interaktif ini dinilai mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, hal ini terukur melalui angket dengan persentase sebesar 84.76% (kelas X Mipa 3), 81.23% (kelas X lPS 2) dan 85.66% (Kelas X Mipa 4). 3) Bahan ajar interaktif yang dikembangkan juga menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa sebelum dan sesudah menggunakan (pertemuan I dan 2) sebesar 60.83% bagi kelas X Mipa 3, 48.165% bagi kelas X lPS 2 dan 53,990/0 bagi kelas X Mipa 4.
Upaya Penanganan Problem Perilaku Negatif Peserta Didik Oleh Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah Kendari Martang; Hikmawati Rahayu
Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol 1 No 2: Oktober (2023)
Publisher : Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sultra Bekerjasama Dengan MGMP dan KKG PAI Sultra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam menangani problem perilaku negatif peserta didik di SMA Muhammadiyah Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan informan penelitian adalah guru PAI, guru BK, serta siswa SMA Muhammadiyah Kendari. Teknik pengumpulan data menggunakan obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak perilaku siswa yang kurang baik dan melanggar aturan di sekolah antara lain datang terlambat ke sekolah, sering keluar masuk kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung, tidak sopan terhadap guru, dan membawa budaya yang buruk dari sekolah asal. Faktor yang menyebabkan terjadinya perilaku yang tidak baik tersebut terdiri dari faktor eksternal dan internal. Dalam faktor eksternal adalah kurangnya perhatian dan kasih sayang orangtua, pengaruh pergaulan dan teman yang nakal, pengaruh media seperti televisi dan internet, dan dalam faktor internal ialah minimnya pemahaman agama. Upaya Guru PAI dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa tersebut dapat dilakukan dengan berbagai tindakan pengendalian seperti tindakan preventif (pencegahan), tindakan represif, tindakan kuratif.
Penerapan Kompetensi Supervisi Akademik Pengawas dalam Meningkatkan Kinerja Guru Pendidikan Agama Islam pada SMA Negeri di Kota Kendari Suryanagara
Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol 1 No 2: Oktober (2023)
Publisher : Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sultra Bekerjasama Dengan MGMP dan KKG PAI Sultra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kompetensi akademik pengawas dalam meningkatkan kinerja guru pendidikan agama islam. Kajian ini dibatasi pada aspek analisis kinerja akademik yang melibatkan sekolah sekolah yang ada di SMA Negeri di Kota Kendari. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan sasaran adalah pada supervise sekolah guru Pendidikan agama islam di Kota Kendari. Sampel penelitian terdiri dari 9 SMA di kota Kendari. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen wawancara dengan Teknik triangulasi data. Dari hasil analisis ditemukan kompetensi supervisi akademik di kota Kendari belumlah maksimal. Hal ini dikarenakan beberapa faktor penghambat faktor penghambat dalam penerapan kompetensi supervisi akademik pengawas yakni rekrutmen/pengangkatan pengawas yang tidak didasarkan atas prosedur dan peraturan yang ada, spesifikasi pendidikan, kepemimpinan kepala sekolah, dan fasilitas yang kurang memadai Sedangkan solusi mengatasinya yakni; pengangkatan pengawas harus berdasarkan atas prosedur dan  peraturan yang ada, memberikan pembinaan dan pengembangan profesi secara intensif kepada para pengawas terkait dengan optimalisasi tugas pokok dan fungsi pengawas, dengan membangun komunikasi dan kerjasama antara pengawas dengan kepala sekolah serta penyediaan fasilitas sarana dan prasarana dalam memudahkan pelaksanaan tugas pengawas  
Pengaruh Pembelajaran BTQ (Baca Tulis Qur’an) terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari Toto Hidayat
Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol 1 No 2: Oktober (2023)
Publisher : Kantor Wilayah Kementerian Agama Prov. Sultra Bekerjasama Dengan MGMP dan KKG PAI Sultra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) adalah proses kegiatan pembelajaran tata cara membaca dan menulis Al-Quran dengan baik dan benar. beranjak dari hal tersebut kondisi pendidikan agama, khusus nya di Madrasah At-Taufiq masih jauh dari target pencapaian ideal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran BTQ terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh pembelajaran BTQ dari rata-rata hasil pretest 77,71 dan rata-rata hasil postest 88,43. Terdapat perbedaan secara signifikan data pretes dan postes yang dilakukan terhadap sampel penelitian. Hasil ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran BTQ terhadap hasil belajar siswa dalam mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari.

Page 1 of 2 | Total Record : 13