Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam siswa sekolah dasar melalui model problem based learning. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode meta analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan merumuskan masalah penelitian, menelusuri hasil penelitian yang relevan untuk dianalisis. Data dikumpulkan dengan menelusuri jurnal melalui Google Scholar dengan kata kunci “Problem Based Learning”. Peneliti memperoleh 10 artikel yang relevan dari penelusuran jurnal. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kauntitatif. Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan salah satu strategi yang menggunakan berbagai kemampuan berpikir dari peserta didik secara individu maupun kelompok serta lingkungan nyata untuk mengatasi permasalahan sehingga bermakna relevan dan kontekstual. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pendidikan Agama islam mampu memberikan distribusi positif pada pemecahan masalah siswa. Secara deskriptif menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran dari rata-rata 58,80 menjadi 79,06. Hasil uji beda diperoleh nilai sig. = 0,004 lebih kecil dari nilai α = 0,05 secara statistik berbeda dan terdapat peningkatan. Terdapat perbedaan secara signifikan data pretes dan postes.
Copyrights © 2023