Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 1 No 1: April (2023)

META ANALISIS PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SD

Siti Hasrah (SD Negeri 100 Kendari)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar pendidikan agama islam siswa sekolah dasar melalui model problem based learning. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode meta analisis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan merumuskan masalah penelitian, menelusuri hasil penelitian yang relevan untuk dianalisis. Data dikumpulkan dengan menelusuri jurnal melalui Google Scholar dengan kata kunci “Problem Based Learning”. Peneliti memperoleh 10 artikel yang relevan dari penelusuran jurnal. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan deskriptif kauntitatif. Model pembelajaran Problem Based Learning merupakan salah satu strategi yang menggunakan berbagai kemampuan berpikir dari peserta didik secara individu maupun kelompok serta lingkungan nyata untuk mengatasi permasalahan sehingga bermakna relevan dan kontekstual. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pendidikan Agama islam mampu memberikan distribusi positif pada pemecahan masalah siswa. Secara deskriptif menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran dari rata-rata 58,80 menjadi 79,06. Hasil uji beda diperoleh nilai sig. = 0,004 lebih kecil dari nilai α = 0,05 secara statistik berbeda dan terdapat peningkatan. Terdapat perbedaan secara signifikan data pretes dan postes.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

DIJPAI

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam (DIJPAI) adalah sebuah lembaga jurnal yang merupakan wadah/rumah yang berisi ilmu. Sesuai dengan namanya, Dalam Bahasa Arab makna kata Darul berarti Rumah dan Ilmi berarti Ilmu, sehingga Makna Darul Ilmi adalah Rumah Ilmu. Darul Ilmi menerbitkan Karya ilmiah ...