Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 1 No 1: April (2023)

META ANALISIS PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMP

Marwan (SMPS Sejahtera Kendari)



Article Info

Publish Date
18 Apr 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi model pembelajaran Contextual Teaching and Learning pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Contextual teaching and learning (CTL) merupakan suatu model pembelajaran yang memberikan fasilitas kegiatan belajar siswa untuk mencari, mengelola dan menemukan pengalaman belajar yang lebih bersifat konkret dan mengaitkan dengan kehidupan nyata siswa. Sehingga penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan referensi terkait model pembelajaran yang dalam penerapannya dapat meningkatkan hasil belajar siswa disekolah. Penelitian ini menggunakan meta analisis dengan perhitungan effect size. Pengumpulan data untuk penelitian ini dengan mengkaji serta menelusuri berbagai jurnal yang terkait dengan Contextual Teaching and Learning. Meta analisis yang digunakan bersifat kuantitatif karna menggunakan perhitungan angka. Dengan demikian, melalui pembelajaran CTL, siswa mampu memahami keterkaitan antar konsep serta peneapannya pada kehidupan. Data penelitian ini diperoleh dari jurnal yang relevan dengan pembelajaran CTL sebanyak sepuluh jurnal. Secara deskriptif menunjukkan adanya pengaruh model pembelajaran dari rata-rata 59,00 menjadi 79,00. Terdapat perbedaan secara signifikan data pretes dan postes. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CTL terhadap hasil belajar siswa SD.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

DIJPAI

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam (DIJPAI) adalah sebuah lembaga jurnal yang merupakan wadah/rumah yang berisi ilmu. Sesuai dengan namanya, Dalam Bahasa Arab makna kata Darul berarti Rumah dan Ilmi berarti Ilmu, sehingga Makna Darul Ilmi adalah Rumah Ilmu. Darul Ilmi menerbitkan Karya ilmiah ...