Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 1 No 2: Oktober (2023)

Upaya Penanganan Problem Perilaku Negatif Peserta Didik Oleh Guru Pendidikan Agama Islam di SMA Muhammadiyah Kendari

Martang (SMA Muhammadiyah Kendari)
Hikmawati Rahayu (Universitas Jiangsu Normal)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya guru PAI dalam menangani problem perilaku negatif peserta didik di SMA Muhammadiyah Kendari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan informan penelitian adalah guru PAI, guru BK, serta siswa SMA Muhammadiyah Kendari. Teknik pengumpulan data menggunakan obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih banyak perilaku siswa yang kurang baik dan melanggar aturan di sekolah antara lain datang terlambat ke sekolah, sering keluar masuk kelas pada saat proses pembelajaran berlangsung, tidak sopan terhadap guru, dan membawa budaya yang buruk dari sekolah asal. Faktor yang menyebabkan terjadinya perilaku yang tidak baik tersebut terdiri dari faktor eksternal dan internal. Dalam faktor eksternal adalah kurangnya perhatian dan kasih sayang orangtua, pengaruh pergaulan dan teman yang nakal, pengaruh media seperti televisi dan internet, dan dalam faktor internal ialah minimnya pemahaman agama. Upaya Guru PAI dalam mengatasi perilaku menyimpang siswa tersebut dapat dilakukan dengan berbagai tindakan pengendalian seperti tindakan preventif (pencegahan), tindakan represif, tindakan kuratif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

DIJPAI

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam (DIJPAI) adalah sebuah lembaga jurnal yang merupakan wadah/rumah yang berisi ilmu. Sesuai dengan namanya, Dalam Bahasa Arab makna kata Darul berarti Rumah dan Ilmi berarti Ilmu, sehingga Makna Darul Ilmi adalah Rumah Ilmu. Darul Ilmi menerbitkan Karya ilmiah ...