Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 1 No 2: Oktober (2023)

Pengaruh Pembelajaran BTQ (Baca Tulis Qur’an) terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari

Toto Hidayat (Guru SMP Negeri 10 Kendari)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2023

Abstract

Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) adalah proses kegiatan pembelajaran tata cara membaca dan menulis Al-Quran dengan baik dan benar. beranjak dari hal tersebut kondisi pendidikan agama, khusus nya di Madrasah At-Taufiq masih jauh dari target pencapaian ideal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh pembelajaran BTQ terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa SMP. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian adalah siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengaruh pembelajaran BTQ dari rata-rata hasil pretest 77,71 dan rata-rata hasil postest 88,43. Terdapat perbedaan secara signifikan data pretes dan postes yang dilakukan terhadap sampel penelitian. Hasil ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran BTQ terhadap hasil belajar siswa dalam mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 10 Kendari.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

DIJPAI

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam (DIJPAI) adalah sebuah lembaga jurnal yang merupakan wadah/rumah yang berisi ilmu. Sesuai dengan namanya, Dalam Bahasa Arab makna kata Darul berarti Rumah dan Ilmi berarti Ilmu, sehingga Makna Darul Ilmi adalah Rumah Ilmu. Darul Ilmi menerbitkan Karya ilmiah ...