Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol 1 No 2: Oktober (2023)

Peran Guru PAI SDN 61 Kendari dalam Meningkatkan Kesadaran Peserta Didik untuk Membaca Al-Quran

Munizar (SDN 61 Kendari)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kurangnya kesadaran peserta didik dalam membaca al-Quran. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana program pembiasaan membaca al-Quran peserta didik SDN 61 Kendari, dan (2) Bagaimana peran guru PAI dalam menumbuhkan minat dan kesadaran peserta didik SDN 61 Kendari dalam mempelajari al-Quran. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian berupa Kepala Sekolah SDN 61 Kendari, Guru PAI SDN 61 Kendari, dan orangtua peserta didik SDN 61 Kendari. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan observasi lalu dianalisis menggunakan pendekatan model Miles dan Huberman, yakni pengumpulan data lalu disajikan. Hasil penelitian ini menunjukan gambaran program pembiasaan membaca al-Quran peserta didik SDN 61 Kendari dan peran guru PAI dalam menumbuhkan minat dan kesadaran peserta didik SDN 61 Kendari dalam mempelajari al-Quran.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

DIJPAI

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

Darul Ilmi: Jurnal Pendidikan Agama Islam (DIJPAI) adalah sebuah lembaga jurnal yang merupakan wadah/rumah yang berisi ilmu. Sesuai dengan namanya, Dalam Bahasa Arab makna kata Darul berarti Rumah dan Ilmi berarti Ilmu, sehingga Makna Darul Ilmi adalah Rumah Ilmu. Darul Ilmi menerbitkan Karya ilmiah ...