Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena kurangnya kesadaran peserta didik dalam membaca al-Quran. Fokus penelitian ini adalah (1) Bagaimana program pembiasaan membaca al-Quran peserta didik SDN 61 Kendari, dan (2) Bagaimana peran guru PAI dalam menumbuhkan minat dan kesadaran peserta didik SDN 61 Kendari dalam mempelajari al-Quran. Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian berupa Kepala Sekolah SDN 61 Kendari, Guru PAI SDN 61 Kendari, dan orangtua peserta didik SDN 61 Kendari. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dan observasi lalu dianalisis menggunakan pendekatan model Miles dan Huberman, yakni pengumpulan data lalu disajikan. Hasil penelitian ini menunjukan gambaran program pembiasaan membaca al-Quran peserta didik SDN 61 Kendari dan peran guru PAI dalam menumbuhkan minat dan kesadaran peserta didik SDN 61 Kendari dalam mempelajari al-Quran.
Copyrights © 2023