Pandemi Covid-19 membuat lembaga pendidikan di Indonesia, termasuk SDN 3 Kendari melakukan pembelajaran daring menggunakan media wordwall untuk membantu siswa dalam memahami materi pada pembelajaran tematik. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penggunaan media wordwall pada pembelajaran tematik kelas II di masa pandemi covid-19. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode wawancara dan observasi. Wawancara dilakukan guna menggali informasi terkait penggunaan wordwall, sedangkan observasi dilakukan untuk mengamati secara langsung pelaksanaan penggunaan media wordwall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya perubahan sikap yang terjadi pada siswa setelah dilakukannya pembelajaran dengan menggunakan media wordwal. Perubahan tersebut dapat dilihat dari aspek keaktifan siswa serta kriteria penilaian observasi diukur melalui beberapa indikator, antara lain yaitu: (a) Keaktifan siswa saat mengikuti kegiatan belajar mengajar secara daring (online) dibuktikan dengan pengisian absen, (b) Keaktifan siswa saat mengumpulan tugas dengan tepat waktu, (c) Bertanya terhadap materi yang belum dipahami. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan media wordwall pada pembelajaran tematik kelas II mampu meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Kata.
Copyrights © 2023