IJIS - Indonesian Journal On Information System
Vol 8, No 2 (2023): SEPTEMBER

PENGEMBANGAN GAME EDUKASI DENGAN METODE GDLC: STUDI KASUS MATA KULIAH ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA

Arief, Assaf (Unknown)
Muhammad, Miftah (Unknown)
Amin, Fakhri (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2023

Abstract

Pengembangan game edukasi untuk mata kuliah Algoritma dan Struktur Data (ASD) di Program Studi Informatika adalah esensial, namun, hasil survei awal menunjukkan bahwa 55% mahasiswa merasa bosan dengan metode pengajaran di kelas, dan 76% mengalami kesulitan memahami materi kuliah. Studi ini merancang permainan edukatif berbasis gamifikasi untuk mengajar ASD dengan menggunakan metode Siklus Hidup Pengembangan Permainan (GDLC). GDLC melibatkan beberapa tahap pengembangan, seperti inisiasi, pra-produksi, produksi, pengujian, beta, dan rilis. Hasil uji alpha memvalidasi fungsionalitas yang sesuai, dan uji beta menghasilkan nilai 3,5 dari evaluasi responden, menunjukkan perbaikan signifikan dibandingkan metode sebelumnya. Penelitian ini memberikan landasan yang kuat untuk mengadopsi permainan edukatif sebagai alat pembelajaran efektif dalam ASD, mengatasi masalah ketidakminatan dan kesulitan pemahaman, serta memberikan alternatif inovatif dalam Pendidikan.Kata Kunci: Game Edukasi, Algoritma dan Struktur Data, GDLC

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

home

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

IJIS - Indonesian Journal On Sistem Information adalah sebuah publikasi yang peruntukan bagi akademik baik dosen, guru, peneliti, praktisi dan sejenisnya untuk mempublikasikan karya ilmiah agar biasa bermanfaat untuk ...