Mie instan merupakan salah satu produk kemasan yang banyak diminati karena mudah didapat, mudah dalam penyajiannya, memiliki harga yang murah, dan memiliki rasa yang sesuai dengan selera. Hal ini mengakibatkan banyak bermunculan produk pangan luar negeri, salah satunya mie instan Korea. Adanya fenomena budaya Korean Wave atau Hallyu sangat mempengaruhi minat masyarakat khususnya kalangan muda terhadap produk mie instan Korea. Penelitian ini menjadikan mahasiswa sebagai populasi yang mewakili kalangan remaja yang mengonsumsi mie instan. . Penelitian ini menggunakan teknik PLS dan metode SEM (Structural Equation Model), dan diolah menggunakan program SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor budaya, sosial, dan psikologis mempunyai pengaruh terhadap keputusan konsumen membeli mie instan, namun faktor pribadi tidak berpengaruh karena nilai thitung lebih kecil dari nilai ttabel. Faktor yang paling mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalah variabel sosial.
Copyrights © 2023