Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Vol. 4 No. 4 (2023): Volume 4 Nomor 4 Tahun 2023

ANALYSIS OF PERSONAL, PSYCHOLOGICAL INFLUENCE, SOCIAL AND CULTURAL ON PURCHASE DECISION OF KOREAN INSTANT NOODLE PRODUCTS

Anugriaty Indah Asmarany (Universitas Gunadarma)
Eva Yuniarti Utami (Universitas Sebelas Maret)
Moh Gifari Sono (Universitas Muhammadiyah Luwuk)
Hartin Kurniawati (STAI Al-Hamidiyah)
Dominica Maria Ratna Tungga Dewa (Universitas Atma Jaya Yogyakarta)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2023

Abstract

Mie instan merupakan salah satu produk kemasan yang banyak diminati karena mudah didapat, mudah dalam penyajiannya, memiliki harga yang murah, dan memiliki rasa yang sesuai dengan selera. Hal ini mengakibatkan banyak bermunculan produk pangan luar negeri, salah satunya mie instan Korea. Adanya fenomena budaya Korean Wave atau Hallyu sangat mempengaruhi minat masyarakat khususnya kalangan muda terhadap produk mie instan Korea. Penelitian ini menjadikan mahasiswa sebagai populasi yang mewakili kalangan remaja yang mengonsumsi mie instan. . Penelitian ini menggunakan teknik PLS dan metode SEM (Structural Equation Model), dan diolah menggunakan program SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor budaya, sosial, dan psikologis mempunyai pengaruh terhadap keputusan konsumen membeli mie instan, namun faktor pribadi tidak berpengaruh karena nilai thitung lebih kecil dari nilai ttabel. Faktor yang paling mempengaruhi keputusan pembelian konsumen adalah variabel sosial.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

cdj

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Health Professions Public Health

Description

ommunity Development Journal : Jurnal Pengabdian masyarakat di terbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Pahlawan yang berisikan tentang hasil-hasil kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Kesehatan, ...