Peningkatan mutu pembelajaran tidak terlepas dari peran guru dalam mengelola pembelajaran khususnya dalam mengembangkan materi pembelajaran, metode pembelajaran, evaluasi hasil kegiatan pembelajaran serta pemanfaatan umpan balik hasil evaluasi kegiatan pembelajaran. MGMP sebagai kelompok kegiatan guru diharapkan dapat membantu guru-guru dalam melaksanakan pembelajaran di kelas melalui diskusi dan tukar pendapat sesama anggota serta pelatihan kurikulum yang disesuaikan dengan kebutuhan guru. Namun sejak masa pandemic, kegiatan MGMP IPA SMP/Mts Kota Lhokseumawe tidak berjalan sebagaimana mestinya, hal ini berdampak pada kualitas pembelajaran dimana saat ini guru belum mampu dan kesulitan mengimplementasikan kurikulum merdeka dalam pembelajaran IPA. Sehingga, kegiatan ini bertujuan untuk memberdayakan kelompok guru IPA yang tergabung dalam MGMP IPA melalui pendampingan berbasis Lesson Study dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui peningkatan pengetahuan guru tentang implementasi kurikulum merdeka dan platform merdeka belajar, serta peningkatan kreativitas guru dalam membuat asessmen diagnostik siswa dengan tujuan akhir menghasilkan modul elektronik pembelajaran IPA berbasis kurikulum merdeka. Adapun luaran yang dihasilkan dari kegiatan pengabdian ini adalah pemberdayaan mitra melalui peningkatan pengetahuan dan keterampilan, Dampak lainnya dari kegiatan pendampingan ini adalah guru menjadi lebih kreatif dan inovatif dalam mengembangkan pembelajaran IPA dengan memanfaatkan teknologi informasi.
Copyrights © 2023