Mendidik anak perempuan bukanlah sesuatu yang mudah, sama halnya seperti di Pondok Pesantren Mambaul Ulum Punggur Kecil Sungai Kakap yang menerapkan dua sistem pendidikan yaitu santriwati mukim dan santriwati kalong dengan perbedaan pada waktu pengawasan, sedangkan akhlak santriwati kalong menjadi tanggung jawab pihak pondok, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi pondok pesantren khususnya di lingkungan Pondok Pesantren Mambaul Ulum punggur kecil. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan apa saja nilai-nilai pendidikan akhlak yang diterap kan pada santriwati kalong. Bagaimana internalisasi pendidikan akhlak pada santriwati kalong, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaannya di Pondok Pesantren Mambaul Ulum punggur kecil. Jenis penelitian kualitatif deskriptif pendekatan studi. kasus, proses teknik sampling menggunakan purposive dan snowball sedangkan sumber data berupa person, Pimpinan Pondok, guru BK, Ustadah, bagian Ketua Kamar, santriwati kalong. Teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data data reduction, data display, conclusion. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai pendidikan akhlak yaitu berbuat baik akan orang tua, guru, teman, sesama muslim, serta akhlak kepada Allah dengan cara husnudzon, ikhlas, sabar, syukur, taat, amanah, jujur. Sedangkan internalisasi nilai- nilai pendidikan akhlak 1. Pembelajaran 2. Suri tauladan 3. Latihan dan pembiasaan 4. Penegakan peraturan. Adapun faktor pendukung internalisasi nilai-nilai pendidikan akhlak dipengaruhi oleh faktor psikologis dari jiwa anak, dukungan dan dorongan orang tua. Faktor penghambat berasal dari lingkungan keluarga, teman, masyarakat, dan sosial media yang dapat membawa dampak negatif bagi santriwati.
Copyrights © 2023