Penelitian ini dimotivasi karena masih rendahnya kemampuan matematika dasar usia remaja Asli Papua. Kemampuan matematika dasar meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian seharusnya sudah dikuasai sejak lulus dari tingkat sekolah dasar . Namun, faktanya banyak kelompok usia remaja asli papua yang belum menguasai. Hal ini menyebabkan kesulitan memahami materi berhitung tingkat lanjut. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan matematika dasar kelompok usia remaja Asli Papua . Pengabdian ini dilakukan selama 3 bulan kepada 30 orang siswa dan mahasiswa Asli Papua. Pengabdian ini dilaksanakan dengan metode ceramah dalam bentuk pelatihan yang dimulai dari tahap identifikasi, persiapan ,pelaksanaan, evaluasi, dan tahap pelaporan dan publikasi. Untuk mengukur peningkatan kemampuan peserta, diberikan pretest dan posttest. Hasil pretest dan posttest menunjukkan peningkatan dari 35% meningkat menjadi 56% dan termasuk dalam kategori Baik . Berdasarkan hasil pretest dan posttest yang dilakukan terjadi Peningkatan yang paling signifikan adalah pada materi pengurangan dan perkalian dengan kenaikan sebesar 33,34% sedangkan pembagian mengalami peningkatan sebesar 31% dan penjumlahan mengalami peningkatan kemampuan sebesar 30%.
Copyrights © 2023