Penelitian ini memiliki arahan untuk menganalisis Menganalisis keragaan saluran pemasaran jagung yang ada di Desa Way Heling Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu Menganalisis efisiensi pemasaran pada masing-masing saluran pemasaran di Desa Way Heling Kecamatan Lengkiti Kabupaten Ogan Komering Ulu. Data diperoleh dengan cara menyebarkan kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukkan Saluran pemasaran didaerah penelitian terdiri dari tiga saluran pemasaran, saluran pemasaran yang pertama dari petani ke konsumen. Saluran pemasaran kedua dari petani ke pedagang pengumpul lalu ke konsumen. Dan yang ketiga dari petani ke pedagang pengumpul ke pedagang pengecer lalu ke konsumen, efisiensi pemasaran pada saluran tataniaga I sebesar 0 %, saluran tataniaga II sebesar 24,74 < 50%, dan pada pemasaran ke III sebesar 28,92 < 50%. Saluran pemasaran yang paling efisien adalah saluran pemasaran I. Efisiensi pemasaran pada ketiga saluran sebesar 0% - 50% artinya efisien.
Copyrights © 2023