Studi Kasus Inovasi Ekonomi
Vol. 7 No. 02 (2023)

PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING USAHA IKAN ASIN PADA KELOMPOK PENGOLAH DAN PEMASAR (POKLAHSAR) MINA BAHARI BANYUWANGI

Ary Bakhtiar (Universitas Muhammadiyah Malang)
M. Kamil (Universitas Muhammadiyah Malang)
Rahadi (Universitas Muhammadiyah Malang)
A Fauzan (Universitas Muhammadiyah Malang)
H. R. Mahdoni (Universitas Muhammadiyah Malang)
Wahid Muhammad Shodiq (Universitas Muhammadiyah Malang)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2023

Abstract

Kabupaten Banyuwangi sebagai salah satu daerah penghasil ikan terbesar di Indonesia. Bahkan sampai saat ini masih terdapat banyak pabrik pengalengan ikan yang masih beroperasi dan berada di sekitar Muncar Banyuwangi. Ini menunjukkan bahwa Muncar masih menjadi daerah yang potensial terhadap sektor perikanan tangkap yang menjadi sasaran utama untuk industri olahan perikanan. Namun dengan hasil tangkapan cenderung fluktuatif yang berdampak langsung kepada nelayan terutama pada harga jual komoditi perikanan yang dijual oleh nelayan. Namun untuk permasalahan ini, nelayan mampu mengantisipasinya dengan mengolah ikan hasil tangkapan menjadi produk olahan ikan selain dijual secara langsung. Secara langkah ini sudah berjalan dengan baik di lingkungan masyarakat sekitar lokasi produksi. Seiring dengan berjalannya waktu dengan pekembangan teknologi yang semakin dinamis serta beragam pembatasan yang diakibatkan oleh adanya Pandemi Covid-19 di Indonesia. Secara tidak langsung ini akan mempengaruhi penjualan masyarakat apabila tidak ada inovasi mengenai pemasaran produk. Mengingat pentingnya pengembangan dalam pemasaran pada masa kini, maka Program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) dalam bentuk pemberdayaan pengembangan marketing digital kepada masyarakat di Brak, Kalimoro, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi guna untuk mengoptimalkan pemasaran produk milik masyarakat di tengah keterbatasan dan era persaingan yang semakin ketat. Kegiatan dilaksanakan kurang lebih selama sebulan dan sebelum dilaksanakan kegiatan ada beberapa tahapan yang dilakukan mulai dari persiapan hingga pelaksanaan program. Materi dalam proses pemberdayaan masyarakat bukan hanya meliputi strategi marketing digital saja, namun juga mulai dari proses awal produksi yang mengarah pada GHP (Good Handling Product) mulai dari awal produksi sampai di konsumen. Hasilnya pendampingan yang dilakukan yakni dendeng lemuru dikemas dengan cara yang lebih modern, terbentuknya marketplace di Tokopedia dan tersedianya metode pembayaran melalui QRIS. Pemberdayaan ini merupakan bentuk pendampingan yang dilakukan oleh DPPM Universitas Muhammadiyah Malang sebagai upaya mendukung masyarakat untuk siap bersaing pada sektor pemasaran digital di Muncar, Banyuwangi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

skie

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Studi Kasus Inovasi Ekonomi (SKIE) adalah jurnal pengabdian berkala yang diterbitkan dua kali setahun (Maret dan September). Editor menerima naskah layanan publik yang berfokus pada 1) memberdayakan ekonomi masyarakat; 2) pengembangan dan pemberdayaan ekonomi kreatif; 3) pembangunan ekonomi berbasis ...