Jurnal Pendidikan dan Konseling
Vol. 5 No. 4 (2023): Jurnal Pendidikan dan Konseling

Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Tematik Terpadu Menggunakan Model Everyone Is Teacher Here Di Kelas V SD

Dilla Yuspita Sari (Universitas Negeri Padang)
Rifda Eliyasni (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
05 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik yang rendah disebabkan oleh proses pembelajaran tematik terpadu, guru kurang memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk menyampaikan pendapatnya, dan peserta didik sulit untuk berpartisipasi aktif selama pembelajaran berlangsung. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dilaksanakn 2 pertemuan dan siklus II dilksanakan 1 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pada: a) RPP siklus I dengan rata-rata77,77% (B), siklus II 94,44%(SB), b) pelaksanaan pada aspek guru siklus I rata-rata 85% (Baik), siklus II rata-rata 92,5%(SB), c) pelaksanaan pada aspek peserta didik pada siklus I memperoleh rata-rata 81,25%(B) dan siklus II rata-rata 92,5%(SB), d) penilaian terhadap peserta didik dalam peningkatan hasil belajar pada siklus I dengan rata-rata 80,08 (C) dan siklus II dengan rata-rata 93,13 ( SB). Dapat disismpulkan bahwa menggunakan model ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpdk

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Pendidikan dan Konseling merupakan wadah bagi para peneliti untuk mengembangkan kompetensinya dalam bidang penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Adapun scope jurnal ini berkaitan dengan pendidikan, sosial sains dan konseling. Jurnal ini terbit enam kali dalam setahun, yaitu pada bulan ...