Jurnal Pendidikan Fisika
Vol 11, No 2 (2023)

EVALUASI PEMANFAATAN LABORATORIUM VIRTUAL PADA GURU SMP DALAM MGMP IPA FISIKA DENGAN MODEL CIPPO (CIPPO: Context, Input, Process, Product, Outcome)

Syamsuriana Basri (Universitas Muslim Maros)
st syamsudduha (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)
Muhammad Nur Akbar Rasyid (Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar)



Article Info

Publish Date
26 Oct 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pemanfaatan laboratorium virtual pada guru SMP dalam MGMP IPA Fisika serta mengetahui keberhasilan penggunaan laboratorium virtual sejauh mana laboratorium virtual dapat memberikan pengalaman belajar yang memadai dan mendukung tujuan pembelajaran yang ditetapkan. Sejak penggunaan laboratorium virtual belum pernah dilakukan evaluasi terhadap aspek konteks, input, proses, produk dan outcome sehingga perlu diadakan penelitian agar mendapatkan informasi mengenai sejauh mana keberhasilan dalam pemanfaatan laboratorium virtual ini ada pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi program dengan menggunakan model evaluasi Contexs, Input, Process, Product dan Outcome (CIPPO) dengan pendekatan penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini yaitu guru-guru yang tergabung dalam MGMP IPA SMP Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) berjumlah 15 Orang guru IPA berasal dari 14 sekolah SMP di Kabupaten Pangkep. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dokumentasi dan kuesioner yang disebarkan menggunakan google form. Hasil penelitian diperoleh pada aspek konteks, input, proses, produk dan outcome berada dikategori baik dengan rata-rata persentase yang didapatkan dari hasil google form yang diisi oleh responden diperoleh yaitu rata-rata persentasi pada aspek konteks 68,44%, aspek input 64,44%, aspek proses sebesar 70,22%, aspek produk sebesar 71,33% dan aspek outcome sebesar 70,22%. Sehingga pemanfaatan laboratorium virtual sudah berjalan dengan baik karena dapat memberikan pengalaman belajar yang memadai dan mendukung tujuan pembelajaran yang ditetapkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

fisika

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan Fisika FKIP UM Metro or abbreviated JPF ( p-ISSN : 2337-5973 e-ISSN:2442-4838 ) is an integrated forum for communicating scientific advances in the field of physics and physics education. The journal reports significant new findings related to physics and education physics. JPF is ...