Tujuan penelitian ini untuk meneliti gaya kepemimpinan kepala madrasah dalam pengelolaan sarana dan prasarana di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah Karang Anyar Kabupaten Rejang Lebong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis studi kasus dan dianalisis dengan menggunakan deskripsi komparatif. Menurut Denzin dan Licolin yang dikutip oleh Lexy J. Moleong, penelitian kualitatif adalah suatu penelitian yang menggunakan latar belakang ilmiah yang bertujuan untuk menjelaskan fenomena yang terjadi dan dilakukan dengan menggunakan berbagai metode yang ada. Dari pemaparan yang telah diuraikan maka dapat di konklusikan bahwa gaya kepemimpinan kepala madrasah ibtidaiyah muhammadiyah karang anyar adalah tipe pemimpin yang Demokratis, Transformatif dan Kharismatik.1) Kemudian secara pengelolaan seluruh sarana dan prasarana sudah sesuai dengan prinsip-prinsip manajemen sarana dan prasarana yang telah dikemukakan para ahli, yaitu Merencanakan, Pengadaan, Penyimpanan, Penyaluran, Pendayagunaan, Pemeliharaan, Penginventarisan, Penghapusan. 2) Dampak positif yang diaplikasikan dalam gaya kepemimpinan kepala madrasah adalah meningkatnya penambahan bangunan gedung belajar maupun fasilitas umum lainya seperti Wc dan Tempat berwudhu serta meningkatnya peminat peserta didik untuk menempuh pendidikan di madrasah ibtidaiyah muhammadiyah karang anyar, begitu juga respon positif yang ditimbulkan oleh masyarakat umum, ketika kepala madrasah serta dewan guru menyambut kedatangan anak didiknya di depan pintu gerbang seraya bertegur sapa dan menyalami anak didiknya yang baru datang.
Copyrights © 2023