Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 7, No. 3 (Juli 2023)

Pengembangan Media Lagu Materi Surah Pendek Kelas I MI

Muhammad Iqbal Ansari (Program Studi Pendidikan Guru MI Fakultas Studi Islam Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari)
Sari Kumala (Program Studi Pendidikan Guru MI Fakultas Studi Islam Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al Banjari)



Article Info

Publish Date
27 Jul 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk media lagu yang berisi materi kandungan surah pendek dalam mata pelajaran Qur’an Hadits untuk kelas I di MI Nurul Ulum Banjarmasin. Kemudian menguji tingkat validitas dan efektifitasnya. Penelitian ini diawali dengan proses menganalisis spesifikasi produk, validitas produk, dan efektifitas produk sebagai bahan belajar peserta didik. Proses penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Research & Development yang mengadaptasi prosedur versi Borg dan Gall. Subjek penelitian sebanyak 20 siswa yang dilibatkan dalam proses uji coba produk. Data hasil penelitian diperoleh dengan observasi dan kuesioner, serta pre-test dan post-test yang selanjutnya dianalisa dengan cara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk produk media lagu yang berisi materi kandungan surah pendek telah memenuhi kriteria valid, menarik, dan efektif yang dibuktikan dengan data hasil tanggapan siswa mencapai 100% yang masuk di kriteria paling menarik dan juga terdapat peningkatan pada hasil post-test dengan nilai rata-rata 91,5, lebih besar dari pencapain nilai rata-rata pre-test dengan nilai 73. Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk media lagu yang berisi materi kandungan surah pendek layak dipergunakan dalam pembelajaran Qur’an Hadits kelas I MI.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...