Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran Al-Qur’an pagi dalam membentuk karakter siswa MIN 13 HSU. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik penelitian adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa MIN 13 HSU. Hasil penelitian melalui observasi dan wawancara menyatakan bahwa kegiatan pembelajaran Al-Qur’an pagi merupakan salah satu cara yang tepat dalam membentuk karakter siswa utamanya karakter religius dan disiplin siswa. Pendidikan karakter sangat penting ditanamkan dalam jiwa anak sejak dini, karena akan berdampak untuk kehidupan masa depan anak yang akan datang. Di usia anak sejak dini penerapan karakter tepat sekali untuk dibina karena pada usia dini tersebut anak mudah untuk menjalakan hal-hal baik yang diperintahkan baik oleh orang tua, guru dan sekolah. sekolah merupakan pendidikan yang tepat dalam membantu orang tua mendidik karakter anak. Namun dalam hal mendidik karakter tidak sepenuhnya ada di lembaga sekolah yakni guru agama, tapi harus adanya keterlibatan antara orang tua dan masyarakat serta guru dalam membina karakter tersebut. Di era teknologi dari seiring berkembangnya zaman maka teknologi juga semakin canggih, sehingga pendidikan karakter sangat penting untuk ditanamkan dalam jiwa anak. Maka, kegiatan amaliyah merupakan wadah bagi guru dalam membantu membina karakter religius dan disiplin siswa.
Copyrights © 2023