Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 7, No. 3 (Juli 2023)

Kajian Literatur: Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah - Sekolah Penggerak

Intan Pertiwi (Mahasiswa Magister Pendidikan Fisika, UNSRI, Sumatera Selatan, Indonesia)
Leni Marlina (Dosen UNSRI, Sumatera Selatan, Indonesia)
Ketang Wiyono (Dosen UNSRI, Sumatera Selatan, Indonesia)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini merupakan kajian literatur tentang penerapan kurikulum merdeka pada sekolah  penggerak. Survei bertujuan untuk mengumpulkan semua informasi yang menyangkut upaya dan  tantangan dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka pada sekolah penggerak. Penelitian ini  menggunakan analisis kualitatif terhadap sumber literatur yang relevan. Hasil kajian menunjukkan  bagaimana implementasi dari kurikulum merdeka di sekolah penggerak telah dilakukan melalui program  dan kegiatan yang mendukung pendidikan merdeka belajar. Sekolah penggerak berperan penting sebagai  motor penggerak dalam mengadopsi dan melaksanakan kurikulum merdeka. Begitu pula guru penggerak  memiliki peran tak kalah penting dalam pelaksanaan penerapan kurikulum merdeka belajar. Namun,  tantangan yang dihadapi meliputi kurangnya pemahaman dan keterlibatan semua stakeholder dalam  konsep kurikulum merdeka, serta kebijakan yang belum mendukung secara menyeluruh menjadi  hambatan tersendiri dalam setiap pelaksanaan kegiatan mengimplementasikan kurikulum merdeka  belajar di sekolah-sekolah penggerak. Untuk menghadapi semua tantangan dan hambatan yang ada  diperlukan upaya intensif dalam mengedukasi stakeholders dan dukungan pemerintah yang lebih kuat  untuk meningkatkan implementasi kurikulum merdeka pada sekolah penggerak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...