Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 7, No. 4 (Oktober 2023)

Problematika Guru Mengimplementasi Kurikulum Merdeka Belajar pada Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar

Muhammad Noor Fauzi (UIN ANTASARI BANJARMASIN)



Article Info

Publish Date
25 Oct 2023

Abstract

Kurikulum merdeka adalah sistem pembelajaran mandiri yang dapat dipahami sebagai kebebasan untuk berpikir dan bekerja, serta menghargai atau menanggapi perubahan yang terjadi. Hal ini bertujuan untuk memberikan kebebasan kepada peserta didik untuk mengatur dan mengembangkan cara belajar mereka sendiri secara mandiri. Metode Penelitian Artikel ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kajian literatur yang sumber utamanya adalah buku, jurnal, dan artikel ilmiah lainnya. Data yang dikumpulkan kemudian dianalisis menggunakan metode analisis konten guna mengidentifikasi ide-ide utama dari berbagai sumber yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mencari solusi atas permasalahan implementasi kurikulum belajar mandiri dalam pembelajaran PAI di sekolah. Adapun Beberapa problematika yang dialami guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka antara lain kurangnya pengalaman dalam merdeka belajar, kurangnya kompetensi yang memadai, akses terbatas dalam pembelajaran, manajemen waktu, kekurangan media penunjang, serta keterbatasan penguasaan teknologi informasi oleh guru. Solusi terkait permasalahan di atas telah terjawab dalam artikel ini, yaitu memperluas pengetahuan terkait metode pembelajaran, mengikuti workshop internal maupun eksternal dan Sharing dengan sesama pendidik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...