Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah
Al-Madrasah Vol. 7, No. 3 (Juli 2023)

Pengaruh Motivasi Kerja dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Guru Profesional

Izza Fazira (Magister Administrasi Pendidikan FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak)
Usman Radiana (Magister Administrasi Pendidikan FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak)
Wahyudi Wahyudi (Magister Administrasi Pendidikan FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak)
Luhur Wicaksono (Magister Administrasi Pendidikan FKIP Universitas Tanjungpura Pontianak)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2023

Abstract

Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan seberapa besar pengaruh motivasi kerja dan pengalaman kerja terhadap kinerja guru profesional SD Negeri di Kecamatan Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya. Jenis penelitian ini yaitu asosiatif yang menggunakan pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif. Sampel berjumlah 80 orang guru ASN seraya teknik random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang valid juga reliabel. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dan berganda dengan bantuan SPSS 29. Hasil temuan terhadap penelitian ini ialah: 1) Ditemukan imbasan yang signifikan dari motivasi kerja terhadap kinerja guru profesional dari nilai Sig. 0,017<0,05 dan nilai thitung > ttabel (2,436>1,991). 2) Ditemukan imbasan yang signifikan dari pengalaman kerja terhadap kinerja guru profesional dari nilai Sig. 0,000<0,05 dan nilai thitung > ttabel (8,063>1,991). 3) Ditemukan imbasan yang signifikan dari motivasi kerja dan pengalaman kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru profesional dari nilai Sig. 0,000<0,05 dan nilai Fhitung > Ftabel (112,267>3,11). Kesimpulan hasil analisis data yaitu: 1) Pengaruh X1 terhadap Y sebesar 21% kategori rendah. 2) Pengaruh X2 terhadap Y sebesar 69,5% kategori kuat. 3) Kinerja guru profesional dipengaruhi oleh motivasi kerja juga pengalaman kerja secara bersama-sama sebesar 74,5% kategori kuat. Maka dari itu, motivasi kerja dan pengalaman kerja dapat menaikkan kualitas kinerja guru.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-madrasah

Publisher

Subject

Education

Description

Al-Madrasah merupakan jurnal yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Sekolah Tinggi Ilmu Al Quran Amuntai Kalimantan Selatan yang terbit berkala setiap 6 (enam) bulan sekali dengan scope dan issue yang diangkat terkait dengan pendidikan di tingkat madrasah ibtidaiyah ...