Perkembangan ilmu dan teknologi saat ini berkembang begitu pesat khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Untuk itu guru dituntut untuk mampu berinovasi dalam memberikan pembelajaran kepada siswa, baik itu dalam hal menyampaikan materi maupun menguji kemampuan siswa. Pembelajaran berbasis multimedia adalah media pembelajaran yang sedang berkembang saat ini. Multimedia adalah media pembelajaran yang memadukan lebih dari satu jenis media, contohnya adalah sebuah media pembelajaran yang memadukan teks, gambar, suara dan animasi sehingga dapat mempermudah seseorang untuk mempelajarinya. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah aplikasi pembelajaran tabel periodik unsur kimia berbasis multimedia sehingga dapat mempermudah proses belajar siswa dengan konsep belajar yang menyenangkan. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah model metode air terjun. Metode waterfall adalah pengerjaan darisuatu sistem dilakukan secara berurutan atau secara linear. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan metode pengamatan, metode wawancara dan studi pustaka. Pengujian sistem merupakan pengujian program perangkat lunak untuk menentukan apakah sistem tersebut cocok dengan spesifikasi sistem dan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Pengujian sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah black box testing. Black box testing adalah pengujian yang dilakukan untuk mengamati hasil input dan output dari perangkat lunak tanpa mengetahui kode program dari perangkat lunak tersebut. Adapun kesimpulan dari penelitian ini adalah aplikasi yang dibuat dapat memudahkan proses belajar mengajar dan mendorong minat belajar dalam belajar mata pelajaran kimia.
Copyrights © 2023