cover
Contact Name
Febri Haswan
Contact Email
febri.haswan88@gmail.com
Phone
+6282387466901
Journal Mail Official
uniks.ft@gmail.com
Editorial Address
Jl. Gatot Subroto KM. 7 Kebun Nenas, Desa Jake, Kec. Kuantan Tengah, Kab. Kuantan Singingi, Prov. Riau, Indonesia
Location
Kab. kuantan singingi,
Riau
INDONESIA
Jurnal Perencanaan, Sains dan Teknologi (Jupersatek)
ISSN : 2622108X     EISSN : 26225980     DOI : https://doi.org/10.36378/jupersatek.v5i2
Jurnal Perencanaan, Sains dan Teknologi (Jupersatek), merupakan jurnal penelitian yang terbit 2 kali dalam 1 tahun yaitu pada bulan Juli dan Desember, Jurnal ini terbuka untuk para peneliti baik dari akademisi maupun pakar, jurnal ini dikelola oleh Fakultas Teknik Universitas Islam Kuantan Singingi dengan p-ISSN : 2622-108X dan e-ISSN : 2622-5980.
Articles 420 Documents
SISTEM INFORMASI DATA ALUMNI PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS ISLAM KUANTAN SINGINGI BERBASIS WEB Irwansyah Irwansyah
JURNAL PERENCANAAN, SAINS DAN TEKNOLOGI (JUPERSATEK) Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Perencanaan, Sains, Teknologi, dan Komputer (JuPerSaTek)
Publisher : FAKULTAS TEKNIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (612.202 KB)

Abstract

Program Studi Teknik Informatika Universitas Islam Kuantan Singingi merupakan salah satu lembaga yang berkewajiban untuk menyediakan media komunikasi untuk memperkenalkan dan mempererat tali silaturahmi antara alumni angkatan pertama dengan para alumni angkatan lainnya. Maka dari itu diperlukan suatu wadah atau media yang menyediakan informasi yang mampu memberikan informasi yang dibutuhkan oleh para alumni pada setiap angkatannya. Setiap tahun jumlah angkatannya semakin bertambah sehingga sangat diperlukan sebuah sistem yang mampu menyimpan data tersebut. Hal yang selalu diperlukan pihak kampus meliputi, data alumni, data pendidikan, data pekerjaan, serta riwayat karir setiap alumninya baik di tahun ini maupun ditahun-tahun sebelumnya. Biasanya data tersebut diperlukan untuk banyak hal salah satunya digunakan untuk proses akreditas kampus, data alumni mungkin juga dibutuhkan oleh pihak diluar kampus seperti instansi pemerintah dan perusahaan - perusahaan. Tujuan dari penulisan Skripsi ini adalah untuk memudahkan pihak kampus dalam menyimpan dan menemukan semua informasi tentang alumni, pendidikan alumni, serta karir alumni setiap tahun angkatnnya, dan pihak kampus juga mudah memberikan informasi tentang kampus serta informasi lowongan pekerjaan yang dapat diperbaharui setiap saat, tidak hanya pihak kampus, alumni juga bisa menginformasikan lowongan pekerjaan kepada alumni lainnya. Semoga para alumni yang belum bekerja dapat mendapatkan informasi lowongan pekerjaan secara cepat. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian adalah pengumpulan data dilakukan berdasarkan studi lapangan yaitu melalui studi pengamatan, peninjauan dilakukan secara langsung ke bagian Program Studi Teknik Informatika Universitas Islam Kuantan Singingi. Pengembangan sistem menggunakan analisa berorientasi objek dengan metoda waterfall, yang dilanjutkan dengan perancangan meliputi perancangan proses, perancangan basis data dan antarmuka atau Implementasi hasil. Perancangan yaitu pengkodean dengan menggunakan bahasa pemrograman yang telah ditetapkan. Hasilnya berupa aplikasi sistem informasi data alumni Program Studi Teknik Informatika Universitas Islam Kuantan Singingi berbasis web. Aplikasi ini dikembangkan dengan memanfaatkan teknologi informasi berbasis web, yaitu menggunakan analisa berorientasi objek dengan menggunakan Unified Modeling Language (UML) dan menggunakan Software Adobe Dreamweaver CS6 sebagai editor, PHP sebagai bahasa pemograman serta MySQL untuk pengolahan database dan tools PHPMyAdmin.
PERANCANGAN SISTEM KOMPUTERISASI LAPORAN MAHASISWA PADA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS ISLAM KUANTAN SINGINGI Sri Gustina Nurwida Yanti
JURNAL PERENCANAAN, SAINS DAN TEKNOLOGI (JUPERSATEK) Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Perencanaan, Sains, Teknologi, dan Komputer (JuPerSaTek)
Publisher : FAKULTAS TEKNIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (539.756 KB)

Abstract

Universitas Islam Kuantan Singingi (UNIKS) adalah salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS), khususnya Fakultas Teknik yang sedang berkembang dan selalu ingin mengikuti perkembangan teknologi. Pada Fakultas Teknik setiap mahasiswa yang akan menyelesaikan pendidikan pada jenjang D III dan S1 perlu menyusun suatu karya ilmiah berupa laporan penelitian, Tugas akhir dan Skripsi. Laporan mahasiswa dikumpulkan berupa printout, sebaiknya dalam pengelolaan laporan mahasiswa perlu membuat inovasi suatu aplikasi. Dengan penggunaan dan pemanfaatan sistem ini dapat memberikan kemudahan bagi mahasiswa yang akan melakukan penelitian untuk dijadikan referensi dalam melakukan penelitian. Aplikasi ini juga membantu Dosen untuk mengcek judul mahasiswa. Dengan aplikasi ini laporan mahasiswa akan aman dan tidak rusak karena sudah terkomputerisasi. Dengan adanya aplikasi ini bisa menekan biaya kertas pada mahasiswa.
APLIKASI KONTROL LAMPU BERBASIS ANDROID Zikri Afriranda Syahputra
JURNAL PERENCANAAN, SAINS DAN TEKNOLOGI (JUPERSATEK) Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Perencanaan, Sains, Teknologi, dan Komputer (JuPerSaTek)
Publisher : FAKULTAS TEKNIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (881.828 KB)

Abstract

Telepon seluler (ponsel) atau HandPhone (HP) adalah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar yang sama dengan telepon konvensional saluran tetap, namun dapat dibawa-bawa kemana-mana (portable, mobile) dan tidak perlu menggunakan kabel. Sistem operasi android mendukung beragam aplikasi yang dapat digunakan sebagai hiburan misalnya game atau aplikasi pengelola foto. Dan sistem operasi android juga mendukung aplikasi media sosial dan beragam aplikasi kerja, bahkan terdapat aplikasi yang dapat digunakan untuk mengukur suhu udara, cuaca dan sebagainya. Hasil dari penelitian ini yaitu Komunikasi antara smartphone android dengan mikrokontroler dapat dilakukan secara wireless menggunakan bluetooth, dimanasmartphone android dan bluetooth module pada sistem mikrokontroler arduino uno dapat berkomunikasi menggunakan data serial. Mikrokontroler arduino uno dapat melakukan pengontrolan relay dengan baik. Dengan merangkai mikrokontroler arduno uno, bluetooth module dan relay modul dapat membuat sebuah sistem kendali lampu jarak jauh.
ANALISIS ASPEK-ASPEK YANG MEMPENGARUHI PENYEDIAAN AIR BERSIH DI KOTA LUBUK JAMBI KECAMATAN KUANTAN MUDIK Nopriko Ilyendri
JURNAL PERENCANAAN, SAINS DAN TEKNOLOGI (JUPERSATEK) Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Perencanaan, Sains, Teknologi, dan Komputer (JuPerSaTek)
Publisher : FAKULTAS TEKNIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (453.738 KB)

Abstract

Penyediaan air bersih bagi pemenuhan kebutuhan rumah tangga/domestik merupakan usaha yang secara langsung dapat mempengaruhi kualitas kehidupan kota secara keseluruhan. Penyediaan air bersih merupakan pilihan yang diminati oleh masyarakat di kawasan Kota Lubuk Jambi untuk memenuhi kebutuhan air bersihnya. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu bagaimana aspek-aspek yang mempengaruhi penyediaan air bersih di Kota Lubuk Jambi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa aspek-aspek yang mempengaruhi penyediaan air bersih di kawasan Kota Lubuk Jambi. Metode analisis yang digunakan yaitu Analisis Deskriptif Kualitatif. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan yang dilakukan dapat diketahui bahwa pemilihan penyediaan air bersih ternyata disebabkan karena secara teknis operasional tidak memerlukan teknologi tinggi sehingga operasional dan pemeliharaan relatif mudah dilakukan. Secara kelembagaan., tidak terikat dengan suatu organisasi. Secara pembiayaan, murah dan terjangkau. Secara partisipasi masyarakat, memiliki kebersamaan yang tinggi. Secara keseluruhan dilihat dari berbagai aspek, penyediaan air bersih olehPDAM di Kota Lubuk Jambi pada saat ini tidak lagi dapat memenuhi kebutuhan masyarakat Kota Lubuk Jambi. Karena masyarakat tidak lagi mengedepankan pelayanan air bersih dari PDAM melainkan lebih menggunakan air tanah atau sumur.Dengan upaya-upaya tersebut diharapkan penyediaan air bersih di Kota Lubuk Jambi dapat terkendali serta meningkatkan kualitas lingkungan.
STUDI PERKEMBANGAN KECAMATAN TUALANG KABUPATEN SIAK DI TINJAU DARI PENGGUNAAN LAHAN DAN KEGIATAN EKONOMI Delfi Elpius
JURNAL PERENCANAAN, SAINS DAN TEKNOLOGI (JUPERSATEK) Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Perencanaan, Sains, Teknologi, dan Komputer (JuPerSaTek)
Publisher : FAKULTAS TEKNIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1626.46 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan penggunaan lahan menjadi salah satu perubahan yang cukup pesat di Kecamatan Tualang. Bentuk perubahan pengguanaan pada lahan Kecamatan Tualang ditandai dengan semakin meningkatnya lahan terbangun, selain itu fenomena perkembangan dan pertumbuhan wilayah sangat mudah terlihat secara fisik, serta dapat juga dilihat dari semakin meningkatnya kebutuhan sarana dan prasarana wilayah tersebut. Selain itu, kegiatan ekonomi juga perkembangan di wilayah Kecamatan Tualang. Sektor perkebunan dan industri merupakan kegiatan ekonomi yang berkembang di Kecamatan Tualang, hal ini dikarenakan sebahagian besar wilayah Kecamatan Tualang berupa perkebunan dan Hutan Tanaman Industri. Sedangkan sektor perdagangan dan pariwisata masih belum berkembang optimal padahal wilayah Kecamatan Tualang terletak wilayah yang berbatasan langsung dengan wilayah Kota Pekanbaru yang merupakan Ibu Kota Propinsi Riau. Metode penelitian yang diguankan adalah kombinasi deskriptif kualitatif. deskriptif adalah membandingkan antara kenyataan yang sebenarnya dengan teori-teori yang ada hubungannya dengan permasalahan guna menarik suatu kesimpulan. kualitatif adalah suatu sasaran yang dapat diamati sebagaimana di lihat, terdengar, tercium, terbaca, jika itu informasi, maka informasi direkam (dicatat) sebagaimana ia keluar dari sumbernya. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah perkembangan perubahan penggunaan lahan di Kecamatan Tualang Kecamatan Siak dari tahun 2010 sampai dengan 2016 yang paling tinggi adalah perubahan penggunaan lahan untuk pertanian/ perkebunan yaitu sebesar 56,51%, kemudian perubahan penggunaan lahan untuk permukiman sebesar 47,48%, perubahan penggunaan lahan untuk sarana prasarana sebesar 9,10% sedangkan untuk perubahan penggunaan lahan kosong megalami penurunan sebesar 12,06%. Perkembangan kegiatan perekonomian di Kecamatan Tualang Kabupaten Siak dari tahun 2010 sampai dengan 2016 yang paling tinggi adalah kegiatan perdagangan sebesar 40,19%, kemudian kegiatan jasa sebesar 29,45%, kegiatan industry 12,76% dan yang terakhir kegiatan pertanian/ perkebunan 4,10%.
STRATEGI PENGELOLAAN PASAR TRADISIONAL TELUK KUANTAN Fitra Kurniawan
JURNAL PERENCANAAN, SAINS DAN TEKNOLOGI (JUPERSATEK) Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Perencanaan, Sains, Teknologi, dan Komputer (JuPerSaTek)
Publisher : FAKULTAS TEKNIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1683.107 KB)

Abstract

Berdasarkan observasi Strategi yang dilakukan pemerintah saat ini akan menimbulkan penerimaan dan penolakkan dari pedagang sehingga pemerintah perlu mengkaji terlebih hulu tentang kekuatan, kelemahan, tantangan dan peluang dari kebijakan yang akan dikeluargan sehingga ditemukan hasil akhir dari kebijakan tersebut dimana faktor kekuatan lebih besar dari faktor kelemahan dan faktor peluang lebih besar dari faktor ancaman, sehingga strategi pengembangan menunjukkan strategi agresif. Hasil Penelitian adalah Pemerintah Kabupaten Kuantan Singingi melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah, Perdagangan dan Perindutrian, Koperasi Kabupaten Kuantan Singingi mengembalikan kembali fungsi Pasar Tradisional Teluk Kuantan sebagai pusat perekonomian dengan memindahkan pasar tidak resmi terminal ke Pasar Tradisional Teluk Kuantan. posisi strategi pengembangan berada dalam kuadran I dimana faktor kekuatan lebih besar dari faktor kelemahan dan faktor peluang lebih besar dari faktor ancaman, sehingga strategi pengelolaan menunjukkan strategi agresif, artinya pengelolaan Pasar Tradisional Teluk Kuantan Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi dalam kondisi berpotensi sehingga sangat dimungkinkan untuk terus dilakukan pengelolaan secara maksimal. Strategi yang dilakukan melalui analisis SWOT adalah mengoptimalkan pengelolaan pasar dengan penataan dan pemanfaatan lahan yang ada, melakukan pendekatan kepada pedagang untuk menempati kios yang ada di bagian dalam pasar, melengkapi sarana prasarana pasar, memerlukan andil pemerintah agar terjadinya kestabilan harga produk dan kualitas produk, Menyediakan kemudahan akses pengangkutan barang, Membuat lokasi bongkar muat barang di sekitar pasar, dan menyediakan lokasi untuk parkir kendaraan dengan tidak mengganggu lalulintas.
KAJIAN PENGEMBANGAN WILAYAH TERHADAP PEREKONOMIAN DESA SUNGAI LANGSAT KECAMATAN PANGEAN KABUPATEN KUANTAN SINGINGI Bastian Edi
JURNAL PERENCANAAN, SAINS DAN TEKNOLOGI (JUPERSATEK) Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Perencanaan, Sains, Teknologi, dan Komputer (JuPerSaTek)
Publisher : FAKULTAS TEKNIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (456.116 KB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya keinginan untuk mengetahui pengembangan wilayah terhadap perekonomian Desa Sungai Langsat Kecamatan Pengean.Untuk itu dalam mendukung aspek-aspek pengembangannya maka perlu adanya ketersedian dan keseimbangan antara pembangunan desa dan kota di Kecamatan Pangean secara umum. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah yaitu bagaimana pengaruh pengembangan wilayah terhadap perekonomian Desa Sungai Langsat Kecamatan Pengean.Tujuan penelitian adalah Untuk untuk mengkaji pengembangan wilayah terhadap perekonomian Desa Sungai Langsat Kecamatan Pengean. Metode penelitian yang digunakan adalah Deskriptif kualitatif. Hasil penelitian adalah perkembangan wilayah terhadap perekonomian desa SungaiLangsat dapat diketahui dari penggunaan lahan, ketersediaan prasarana, infrastruktur, dan penduduk. Berdasarkan analisa standar kebutuhan pokok minimum penduduk Desa Sungai Langsat adalah sebesar Rp. 1,183,350, atau Rp. 98,612.50 perbulan jika diketahui bahwa pendapatan rata-rata tiap bulan. Penduduk Desa Sungai Langsat berdasarkan hasil survey primer dan sekunder adalah sebesar Rp. 1,000,000, dan di asumsikan 1 keluarga terdiri dari 5 orang, maka dana hidup setiap orang perbulan adalah sebesar Rp. 200,000. Jika dibandingkan antara dana standar kebutuhan pokok minimum penduduk perbulan (Rp. 98,612.50) dengan dana yang dimiliki penduduk untuk membiayai kebutuhan hidup tiap bulan (Rp.200.000). Perkembangan pembangunan jaringan jalan di Desa Sungai Langsat Kecamatan Pangean terdiri dari Jalan Tanah sepanjang 52 Km, dan untuk jalan Aspal 0 Km, jalan sirtu/base sepanjang 5 Km, serta jembatan sebanyak 16 unit.Jumlah rumah ibadah di Desa Sungai Langsat 13 buah rumah ibadah yang terdiri dari Masjid dan Mushalla. Serta fasilitas pendidikan umum berjumlah 3 buah.Untuk mengenai perkembangan jumlah penduduk dan perkiraan jumlah penduduk 5 tahun yang akan datang di Desa Sungai Langsat yaitu pada tahun 2021 adalah 658jiwa.Penduduk Desa Sungai Langsat mayoritas memeluk Agama Islam yaitu 99,34%, sisanya 0,65% beragama kristen/katolik dan 0,01% beragama budha.
PENGARUH KEBERADAAN PT. DUTA PALMA NUSANTARA TERHADAP PERUBAHAN STRUKTUR RUANG KENEGERIAN KOPAH Nanda Oktora
JURNAL PERENCANAAN, SAINS DAN TEKNOLOGI (JUPERSATEK) Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Perencanaan, Sains, Teknologi, dan Komputer (JuPerSaTek)
Publisher : FAKULTAS TEKNIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (788.578 KB)

Abstract

Perubahan sosial merupakan gejala yang melekat disetiap masyarakat. Perubahan – perubahan yang terjadi di dalam masyarakat akan menimbulkan ketidak sesuaian antara unsur – unsur sosial yang ada di dalam masyarakat, sehingga menghasilkan suatu pola kehidupan yang tidak sesuai fungsinya bagi masyarakat yang bersangkutan. Dengan adanya CSR Tahun 2015 dari PT. Dutapalma Nusantara berpengaruh terhadap struktur ruang Kenegrian Kopah yaitu Pengaruh langsung pada sektor jaringan jalan sebesar 3,5 Km dan 1,5 Km dari PT. RAPP dari panjang jalan di Kenegerian Kopah sepanjang 5 Km. Sedangkan pengaruh secara tidak langsung pada sektor permukiman dan sarana prasarana di Kenegerian Kopah. PT. Dutapalma Nusantara membantu dalam bidang sumber mata pencaharian masyarakat Kenegrian Kopah dengan membuka lapangan pekerjaan, sehingga masyarakat ikut menjadi pekerja di PT. Dutapalma Nusantara. Tingkat angka pengangguran menjadi berkurang. Pengaruh ekonomi masyarakat secara langsung yang bekerja di PT. Dutapalma Nusantara pada tahun 2014 adalah sebesar 463 Jiwa (6,13 %) dari jumlah total penduduk sebesar 7.558 Jiwa di Kenegerian Kopah, maka PT. Dultapalma Nusantara berpengaruh terhadap perekoniomian masyarakat secara tidak langsung melalui mata pencahariannya.
IDENTIFIKASI KAWASAN LINDUNG DAN KAWASAN BUDIDAYA DI DESA KASANG KECAMATAN KUANTAN MUDIK Delpita Yanti
JURNAL PERENCANAAN, SAINS DAN TEKNOLOGI (JUPERSATEK) Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Perencanaan, Sains, Teknologi, dan Komputer (JuPerSaTek)
Publisher : FAKULTAS TEKNIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1508.199 KB)

Abstract

Berdasarkan observasi kawasan lindung di Kecamatan Kuantan Mudik semakin kritis terutama kawasan hutan lindung dan kawasan rawan bencana. Kawasan hutan lindung di Kecamatan Kuantan Mudik telah mengalami degradasi sebagai akibat penebangan liar (illegal logging) dan meningkatnya kawasan. Rumuskan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana kondisi kawasan lindung dan kawasan budidaya di Desa Kasang Kecamatan Kuantan Mudik?. Tujuan Penelitian yang ingin dicapai adalah untuk mengidentifikasi kawasan lindung dan kawasan budidaya di Desa Kasang Kecamatan Kuantan Mudik. Adapun analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan penekatan induktif. Hasil Penelitian adalah kondisi peruntukan kawasan di Desa Kasang secara umum telah sesuai dengan tata ruang kawasan. Luas kawasan Lindung yang ada di Desa Kasang seluas 479 ha terdiri dari kawasan bergambut dan kawasan resapan air. Kawasan bergambut yang terdapat di Desa Kasang termasuk kategori lahan basah dengan luas ± 12 ha, sedangkan kawasan resapan air di Desa Kasang merupakan kawasan Hutan Lindung Bukit Betabuh dengan luas ± 467 ha. Luas kawasan budidaya yang ada Desa Kasang Kecamatan Kuantan Mudik seluas 699 terdiri dari kawasan peruntukan untuk pertanian dengan luas ± 78 Ha, perkebunan dengan luas ± 513 Ha, pariwisata terdapat di Hutan Lindung Bukit Betabuh dengan luas lebih kurang ± 10 ha, perikanan dengan luas lebih kurang ± 1 ha dan permukiman dengan luas ± 97 ha serta terdapat ± 32 ha merupakan kawasan lainnya seperti untuk lahan kosong, sarana dan prasarana, dan yang lainnya. Sedangkan kawasan peruntukan untuk hutan produksi, hutan rakyat, pertambangan, perindustrian dan budidaya lainnya tidak terdapat di Desa Kasang Kecamatan Kuantan Mudik.
KAJIAN TUJUAN PEMEKARAN DESA MENURUT PERATURAN PEMERINTAH NOMOR 129 TAHUN 2000 ( Studi Kasus:Desa Kampung Baru Koto Kecamatan Inuman ) Sumarlis Sumarlis
JURNAL PERENCANAAN, SAINS DAN TEKNOLOGI (JUPERSATEK) Vol 1 No 1 (2018): Jurnal Perencanaan, Sains, Teknologi, dan Komputer (JuPerSaTek)
Publisher : FAKULTAS TEKNIK

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1023.886 KB)

Abstract

Pemekaran wilayah merupakan proses pembagian atau pemecahan satu wilayah otonom yang baru demi tercapainya tujuan pembangunan. Pembangunan pun seharusnya didasarkan pada kebutuhan dasar dari masyarakat itu sendiri sehingga efektivitas dan efisiensi kinerja pemerintah dapat tercapai, dengan demikian kesejahteraan masyarakat bukan sekedar wacana melainkan sesuatu yang konkret yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat, terutama masyarakat desa Kampung Baru Koto Kecamatan Inuman. Kecamatan Inuman adalah hasil pemekaran dari Kecamatan Cerenti, yang diresmikan menjadi Kecamatan Defenitif pada tahun 2002 sesuai Peraturan Daerah Nomor 16 Tahun 2002 yang terdiri dari 9 desa, diantaranya adalah desa Kampung Koto Kecamatan Inuman. Kondisi sekarang inilah yang terjadi di Koto Inuman, denganluas 18,5 KM² dan banyak penduduknya sekitar 2591 jiwa dengan jumlah KK 687 KK yang terdiridari 3 dusun, yaitu dusun I, dusun II, dan dusun III, dengan 9 RW dan 18 RT. Melihat kenyataan seperti ini sering terjadi perbedaan pendapatan antara desa dengan masyarakat, dimana masyarakat tidak merasakan adanya pembangunan, padahal alokasi dana yang dimiliki desa memang tidak seimbang dengan luas wilayah desa serta jumlah penduduk yang cukup banyak. Menurut masyarakat yang ada didesa Dusun III tersebut, dusun III itu tidak pernah diperhatikan oleh perangkat desa dari segi apapun. Maka dari itu timbullah pemikiran dari masyarakat dusun III untuk memisahkan diri dari desa Koto Inuman. Dan setelah dimekarkannya dusun III tersubut, maka dusun III itu diberi nama Desa Kampung Baru Koto Kecamatan Inuman. Penelitian ini dilakukan didesa Kampung Baru Koto Kecamatan Inuman. Adapun permasalahan yang timbul dalam kajian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana tujuan pemekaran menurut Peraturan Pemerintah Nomor 129 Tahun 2000 telah terlaksana dan tercapai di Desa Kampung Baru Koto Kecamatan Inuman. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan survey lapangan dan dokumentasi. Berdasarkan dari hasil pembahasan yang telah diuraikan, tujuan pemekaran desa Kampung Baru Koto Kecamatan Inuman menurut Peraturan Pemerintah Nomor 129 tahun 2000 sejauh ini sudah terlaksana dengan baik karena setiap indicator mengalami peningkatan seperti Peningkatan pelayanan kepada masyarakat, Percepatan pertumbuhan kehidupan demokrasi, Percepatan pelaksanaan pembangunan perekonomian daerah, Percepatan pengelolaan potensi daerah, Peningkatan keamanan dan ketertiban dan Peningkatan hubungan yang serasi antara pusat dan daerah.

Page 1 of 42 | Total Record : 420